Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Air Terjun Radi Ntangis



Cuncang (Air Terjun )Radi Ntangis dan Cuncang Wek, merupakan dua buah air terjun yang berlokasi di sebelah selatan Desa Ulu Wae, Kecamatan Poco Ranaka. Kedua air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi diantara gugusan pegunungan dan rimbunan tanaman kopi. Kedua air terjun ini terletak berdampingan dengan jarak 200 meter satu dengan yang lainnya. Cuncang Radi Ntangis di sebelah barat dan Cuncang Weg dibagian timur dan kedua air terjun ini tepat di Golo (bukit)
Lalong yang membentang di sebelah timur ruas jalan kabupaten menuju ke Elar. Desa Ulu Wae dikenal sebagai penghasil kopi Arabika dan Robusta. Perjalanan menuju Desa Ulu Wae dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari Borong ibu kota Manggarai Timur, dengan kondisi jalan berliku di sepanjang jalan yang dilalui kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan hijaunya kebun kopi warga dengan udara pegunungan yang sejuk.

Memasuki Desa Ulu Wae, tempat pertama yang dikunjungi adalah kolam pemancingan ikan air tawar milik warga setempat bernama Karolus Juru, yang berada tepat di pinggir jalan. Pemandangan sekitar kolam sangat menarik karena berada di antara perkebunan kopi dan persawahan. Di sini kita dapat menyaksikan aktifitas sehari-hari masyarakat dan menikmati segelas kopi dan panganan lokal seperti keladi rebus yang biasa disajian masyarakat setempat. Dari kolam ikan tersebut, air terjun Radi Ntangis
dan Wek terlihat sangat jelas. Air terjun ini menjadi sumber air untuk areal sawah dan kolam ikan di bawahnya.

Jalan menuju kedua air terjun ini merupakan jalan setapak yang terjal dengan kemiringan mencapai 45°. Jalan ini melintasi kebun kopi sehingga agak lembab, berlumut dan licin. Air terjun Radi Ntangis memiliki ketinggian 50 meter dan bertingkat-tingkat. Disekitar air terjun terdapat hutan yang lebat yang menurut warga menjadi habitat Ntangis (Burung Rajawali) dan ini menjadi asal mula pemberian nama Radi Ntangis untuk air terjun tersebut. Cunca Wek berjarak 200 meter dari Cunca Radi Ntangis. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter dan dengan aliran air yang lebih deras.


Baca Juga Artikel Dibawah Ini
  1. Air Terjun Agal di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  2. Air Terjun Ai Beling di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  3. Air Terjun Diwu Mbai di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  4. Air Terjun Gunung Meja di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  5. Air Terjun Kalela di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat - New!
  6. Air Terjun Laiwi di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  7. Air Terjun Lapopu di Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  8. Air Terjun Matayangu di Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  9. Air Terjun Ogi Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur
  10. Air Terjun Waikanabu di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  11. Bebaskan Diri Anda dengan Kehangatan Pemandian Air Panas Mangeruda
  12. Danau Laputi di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments