Latest News
Gambar tema oleh Kepulauan NTT. Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 27 Oktober 2017

Keagamaan Kabupaten Ngada



Para tokoh lintas agama di Kabupaten Ngada, yakni Katolik, Muslim, Protestan, Hindu dan Budha berbagi pengalaman tentang persaudaraan antarumat beragama di daerah itu. Dari pengalaman yang disampaikan para tokoh lintas agama itu menunjukkan, persaudaraan antar umat beragama di Kabupaten Ngada sangat harmonis.

Tokoh agama Katolik, David Lado Bhara, saat shering pengalamannya mengatakan, sejak dahulu kala, kehidupan antar umat beragama selalu hidup rukun dan damai. Sesama umat, tidak pernah bertanya siapa yang lebih erkuasa, tetapi memaknai kehidupan bersama dalam bingkai persaudaraan.
Tokoh Protestan, Mel Messakh mengatakan, hubungan persaudaraa di Kabupaten sangat baik. Hal itu dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari selalu ada kebersamaan antarumat, seperti panitia pesta.

Tokoh Islam, Haji Suroto mengatakan, kerukanan antarumat beragama di Ngada sudah dirasakan oleh umat muslim sejak dulu hingga sekarang. Suroto yang berasal dari Kota Tragen itu mengatakan, orang Ngada telah menunjukkan sikap saling hormat dan menghargai sesama dari umat agama lain. "Kami bangga sekali hidup di tanah Ngada karena kita mengalami persaudaraan yang luar biasa di sini," kata Haji Suroto yang sudah tinggal di Bajawa sejak Mei 1984.

Tokoh Hindu, Agung Tirta Nahya mengaku bangga karena  umat Hindu dipercayakan untuk bisa menyampaikan shering pengalaman di forum kerukunan umat beragama (FKUB). Agung menilai, orang Ngada memiliki sikap keterbukaan untuk menerima suadara-saudara dari agama lain untuk hidup bersama. Dalam kehidupan bersama, sesama umat selalu menghargai satu sama lain.

Pantuan Pos Kupang, acara temu persaudaraan tokoh-tokoh lintas agama se-Kabupaten Ngada diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Jhon-Thom, Sabtu (27/12/2014). Kegiatan itu diisi dengan acara doa bersama dari lima tokoh agama, kemudian dilanjutkan dengan shering pengalaman tentang kerukunan umat beragama. 

Kegiatan bertajuk, "Aneka wajah satu hati," itu dihadiri, Ketua FKUB Kabupaten Ngada, Romo Yoseph Daslan, para tokoh lintas agama dan perwakilan umat lintas agama.
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Keagamaan Kabupaten Ngada Rating: 5 Reviewed By: Kepulauan NTT