Latest News
Gambar tema oleh Kepulauan NTT. Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 27 Oktober 2017

Perikanan Kabutaen Ngada



Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat berupaya meningkatkan produksi ikan air laut. Upaya ini didukung dengan wilayah perairan yang cukup luas dan potensi ikan air laut cukup banyak, baik di perairan selatan maupun utara.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ngada, Andreas Fernandes, S.H mengatakan hal itu kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Senin (31/10/2011).
Dikatakannya, jika dilihat dari potensi laut, Kabupaten Ngada memiliki peluang besar untuk meningkatkan produksi ikan. Karena itu, rencana Dinas Kelautan dan Perikanan Ngada tahun 2012 meningkatkan produksi ikan air laut di wilayah Kabupaten Ngada.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Ngada, yakni wilayah perairan berada di wilayah selatan dan utara. Untuk selatan, daerah penangkapan yang sering dilakukan nelayan adalah Aimere, Waebela dan Maumbawa. Sedangkan wilayah utara berada di Riung. Selain itu jumlah rumah tangga perikanan dinilai cukup banyak.
Lokasi penangkapan ikan di Kabupaten Ngada berada di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Aimere, Golewa dan Riung.

Menurut Fernandes, upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan produksi ikan adalah penambahan armada (kapal), penyediaan sarana dan prasarana perikanan (TPI, pukat dll). Selain itu, peningkatan sumber daya manusia (nelayan) dan peningkatan SDM pendamping kelompok nelayan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Perikanan Kabutaen Ngada Rating: 5 Reviewed By: Kepulauan NTT