Latest News
Gambar tema oleh Kepulauan NTT. Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 05 Februari 2018

Festival Pasola Lamboya



Perang-perangan (war game tournament) menggunakan kuda dan tombak di Pulau Sumba siap digelar pada Februari hingga Maret 2012. Para wisatawan pun mulai berbondong-bondong mendatangi Pulau Sumba guna mengaksikan dari dekat bagaimana hebatnya perang-perangan yang dikenal dengan sebutan Pasola itu.

Pasola sendiri merupakan aksi perang-perangan yang dilakukan dua kelompok berbeda sambil berkuda. Setiap kelompok terdiri dari 100 pemuda, bahkan lebih bersenjatakan tombak yang ujungnya dibiarkan tumpul. Biasanya, dilakukan pada pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

Acaranya ini bener-benar seru dan sangat menantang sekaligus mengerikan. Karena tidak jarang pasukan di kedua belah pihak ada yang menjadi korban, mulai dari luka ringan, luka berat hingga meninggal dunia. Namun, menurut keyakinan masyarakat setempat, semakin banyak korban berjatuhan, maka semakin bagus ujud ritualnya. Alasannya? Korban-korban itu mengindikasikan bahwa hasil usaha atau panen mereka di tahun berikut pasti akan melimpah. Aneh kan? Itu sebabnya banyak wisatawan dan ilmuwan ingin menyaksikan dari dekat, sekaligus meneliti apa yang melatari kepercayaan tersebut.

Pasola dilaksanakan setiap tahun pada bulan Februari, Maret dan April di tiga tempat yang berbeda yakni: Pasola di Wilayah Wanokaka, Pasola di Wilayah Lamboya dan Pasola di wilayah Gaura.

Aktivitas
Anda dapat menyaksikan sebuah tradisi leluhur orang Sumba Barat yang dipelihara hingga saat ini. Sumba Barat yang masih kental dengan tradisi adat ini sejenak membawa anda menikmati suasana perang dilatarbelakangi dengan kepercayaan yang unik dan khas.

Transportasi
Pasola di Wilayah Wanokaka dari Waikabubak, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Pasola di Wilayah Lamboya dari Waikabubak dapat ditempuh dengan kendaraan dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit. Pasola di wilayah Gaura dari Waikabubak dapat ditempuh dengan kendaraan dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Festival Pasola Lamboya Rating: 5 Reviewed By: Kepulauan NTT