Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kampung Gollu dan Bodo Maroto di Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kampung Gollu dan Bodo Maroto di Kabupaten Sumba Barat


Dua kampung tradisional yang letaknya berdekatan. Gollu di kaki bukit dan Bodo Maroto di puncaknya. Kedua kampung ini termasuk yang berperan penting dalam pelaksanaan ritual Wulla Poddu.

Beberapa megalitik yang ada di sana, selain memiliki fungsi praktis juga meiliki fungsi magis-religius misalnya Watu Pawai yang ada di kampung Bodo Marato. Selain sebagai kuburan digunakan juga sebagai tempat meletakkan abu dapur yang adalah simbol pengusiran roh-roh jahat saat berlangsung ritual Toba Wanno (bersih kampung).

Berlokasi di Kecamatan Kota Waikabubak, dengan jarak 4 km dari pusat kota. Kondisi jalan menuju kampung berupa jalan aspal dengan kondisi baik kondisi jalan di dalam kampung berupa jalan aspal dengan lereng yang curam moda transportasi umum yang tersedia tidak sampai ke kampung sehingga wisatawan lebih memilih jasa rentcar.

Belum tersedia warung makan di lokasi obyek wisata sehingga disarankan untuk wisatawan membawa makanan sendiri. Di lokasi obyek wisata juga tidak ada fasilitas penginapan sehingga pengunjung sebaiknya menginap di pusat kota Waikabubak yang tersedia banyak pilihan fasilitas hotel.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments