Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kampung Sodan di Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kampung Sodan di Kabupaten Sumba Barat


Karena terletak di puncak sebuah bukit yang menjulang, banyak orang menganggap Sodan sebagai kampung paling tinggi di Sumba. Yang jelas Sodan merupakan salah satu kampung adat paling tua dan terkemuka di wilayah Lamboya yang kaya akan legenda dan sejarah masa silam.

Pada tahun 1914 warga Sodan pernah melakukan perlawanan terhadap Belanda dibawah pimpinan Tadu Moli. Sampai sekarang ini rato-rato dari Sodan masih berperan sentral dalam pelaksanaan upacara pasola dan bertanggungjawab terhadap keberadaan sejumlah barang pusaka termasuk tambur keramat yang disebut Ubbu Yane Radang. Menurut legenda, kulit tambur ini terbuat dari kulit manusia, korban perang yang terjadi berabad silam.

Berlokasi di Kecamatan Lamboya dengan jarak 40 KM dari pusat kota. Kondisi jalan menuju lokasi memiliki kualitas yang buruk karena berupa perbukitan dengan lereng yang terjal. Kondisi jalan dalam lokasi berupa jalan tanah dengan kondisi kurang baik. Moda transportasi umum yang tersedia tidak sampai ke lokasi sehingga wisatawan harus memilih jasa rentcar.

Belum tersedia warung makan di lokasi obyek wisata sehingga disarankan untuk wisatawan membawa makanan sendiri. Di lokasi obyek wisata juga tidak ada fasilitas penginapan sehingga pengunjung sebaiknya menginap di pusat kota Waikabubak yang tersedia banyak pilihan fasilitas hotel.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments