Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pantai Kolbano Timor Tengah Selatan


Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beberapa objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan tak terkecuali juga oleh masyarakat setempat. Hampir di setiap sudut pulau ini terdapat spot-spot menarik yang wajib dikunjungi. Salah satu dari sedikit objek wisata itu adalah pantai Kolbano. Pantai ini terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Untuk mencapai pantai Kolbano cukup melelahkan. Butuh waktu 3 jam untuk mengunjungi lokasi pantai Kolbano saat berangkat dari kota Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun jangan khawatir rasa lelah akan terbayar jika sudah sampai di pantai. Hembusan angin dan hamparan pasir pantai yang luas akan menyapa mata Anda, disusul suara deburan ombak di tepian pantai saat menginjakkan kaki di kawasan pantai ini.

Kolbano adalah pantai yang unik di Indonesia. Mengunjungi pantai Kolbano akan menjadi pengalaman yang berbeda untuk Anda. Berbeda dengan pantai lainnya, hamparan pantai Kolbano dipenuhi kerikil warna-warni yang indah. Warna batu dan kerikil di pantai Kolbano memiliki bentuk dan warna yang sangat beragam. Ada batu merah, hijau, kuning, hitam, dan bercorak. Selain itu, juga ada batu yang memiliki warna pohon - merah, hitam dan krem. Keunikan lain dari pantai Koka adalah anda bisa melihat sunrise dan sunset dari satu tempat yang sama. Sehingga tidak heran jika menjadi lokasi favorit para fotografer yang ingin berburu momen tersebut. Di pantai ini juga banyak wisatawan yang berpiknik di tepian pantai. Apalagi bagi mereka yang menginginkan suasana liburan yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sambil piknik, Anda bisa melihat keindahan laut.

Selain itu di kawasan pantai Kolbano, wisatawan juga dapat melihat monumen bersejarah yang dibangun untuk memperingati peristiwa Perang Kolbano antara masyarakat setempat melawan penjajah Belanda yang terjadi pada tahun 1907. Namun kondisinya terlihat seperti apa adanya, tidak ada upaya pemerintah. untuk mempercantik monumen bersejarah ini.

Sayangnya, baru-baru ini pantai Kolbano terancam keindahannya. Kekayaan alam kerikil dan batu warna-warni serta pasir pantai dimanipulasi dan ditambang oleh pihak-pihak tertentu. Pemerintah daerah pun membiarkan hal itu berlangsung. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin keunikan pantai Kolbano hanya tinggal kenangan. Pemerintah harus lebih peduli terhadap kelestarian pantai ini.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments