Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Taman Wisata Alam Camplong Kabupaten Kupang


 
Taman Wisata Alam Camplong



Empat puluh enam kilometer dari Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur, terdapat obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Taman Wisata Alam Camplong. Taman wisata seluas 2000 hektar ini merupakan habitat alami bagi ratusan flora dan fauna endemik pulau Timor.

Selain itu, taman ini juga memiliki sumber daya alam seperti mata air, cekungan yang terbentuk secara alami, dan goa alam. Gua ini biasanya digunakan untuk kegiatan pencarian gua. Ada juga gua buatan yang dibuat oleh Jepang pada zaman penjajahan. 

Selain menelusuri gua, Anda juga bisa melakukan lintas alam. Anda tidak perlu khawatir tersesat saat melakukan cross country, karena ada jalan setapak melalui hutan wisata yang telah disiapkan untuk memudahkan para pengunjung melakukan cross country.

Aspek utama dari Taman Wisata Alam Camplong adalah adanya berbagai jenis flora dan fauna. Kebanyakan dari mereka dikategorikan sebagai langka. Anda juga dapat menemukan hewan endemik asli yang hidup secara liar seperti burung merpati . Hutan Camplong juga ditumbuhi oleh kayu cendana yang merupakan tumbuhan endemik Pulau Timor. 

Kawasan hutan yang pertama kali ditetapkan sebagai taman wisata pada tahun 1929 ini terletak di pinggir jalan menuju Kota Soe, Kecamatan Fatuleu di Kabupaten Kupang. Lokasi dapat diakses dari Kupang ke hutan Camplong dengan angkutan umum jurusan Soe atau dengan kendaraan bermotor pribadi.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments