Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Taman Nasional Komodo Beserta Flora dan Faunanya

 

Flora dan Fauna

Iklim taman yang panas dan kering, yang ditandai dengan vegetasi sabana , menjadikannya habitat yang baik bagi komodo endemik ( Varanus komodoensis ). Populasi mereka terbatas di pulau Komodo (1.700), Rinca (1.300), Gili Motang (100), Gili Dasami (100), dan Flores (c. 2.000), sementara punah di Padar.

Hutan awan hanya muncul di beberapa area di atas 500 meter tetapi menyediakan habitat bagi beberapa flora endemik. Vegetasi pesisir meliputi hutan bakau , yang umumnya muncul di teluk terlindung dari tiga pulau besar.

Terumbu karang pinggiran dan tambalan sangat luas dan berkembang paling baik di pantai timur laut Komodo. Taman ini kaya akan biota laut, termasuk hiu paus , mola- mola laut , pari manta , pari elang , kuda laut kerdil , pipefish palsu , ikan kodok badut , nudibranch , gurita cincin biru , spons , tunikata , dan koral.

Varietas cetacea menghuni perairan yang berdekatan dari lumba- lumba berukuran lebih kecil hingga paus sperma dan bahkan paus biru. Paus Omura , salah satu rorqual yang paling tidak dikenal telah dipastikan hidup di perairan dalam taman. Ikan duyung yang terancam punah juga masih hidup di kawasan Komodo.

Fauna terestrial memiliki keragaman yang agak buruk dibandingkan dengan fauna laut. Jumlah spesies hewan darat yang ditemukan di taman ini tidak banyak, tetapi kawasan ini penting dari sudut pandang konservasi karena beberapa spesies bersifat endemik. Banyak mamalia yang berasal dari Asia termasuk rusa , babi hutan , kerbau , kera pemakan kepiting , dan musang . Beberapa reptil dan burung berasal dari Australia, seperti burung gosong kaki oranye , kakatua jambul belerang kecil , dan friarbird berhelm .

Reptil Taman Nasional Komodo yang paling terkenal adalah komodo ( Varanus komodoensis ). Ini adalah kadal terbesar di dunia dan merupakan salah satu reptil terbesar di dunia dan panjangnya dapat mencapai 3m atau lebih dan beratnya lebih dari 70 kg.

Dua belas spesies ular darat ditemukan di pulau itu selain spesies laut. Ular termasuk kobra penyembur jawa ( Naja sputatrix ), ular beludak Russell ( Daboia russelii ), ular beludak berbibir putih ( Trimeresurus albolabris ), ular berbisa laut berbibir biru ( Laticauda laticaudata ), dan ular sanca Timor ( Phyton timoriensis ). Kadal termasuk sembilan spesies kadal (Scinidae), tokek (Gekkonidae), kadal tanpa kaki (Dibamidae), dan biawak seperti komodo (Varanidae). Katak termasuk katak Asia ( Kaloula baleata), kodok silang Komodo endemik ( Oreophryne jeffersoniana ) dan Oreophryne darewskyi . Katak biasanya ditemukan di ketinggian yang lebih tinggi dan lembab. Buaya air asin ( Crocodylus porosus ) pernah ada di dalam taman di daerah pesisir termasuk rawa bakau tetapi sekarang sudah punah di kawasan tersebut.

Mamalia yang ditemukan di dalam taman termasuk rusa Timor ( Cervus timorensis ), mangsa utama komodo, kuda ( Equus sp.), kerbau ( Bubalus bubalis ), babi hutan ( Sus scrofa vittatus ), kera pemakan kepiting ( Macaca fascicularis ), musang palem Asia ( Paradoxurus hermaphroditus lehmanni ), tikus endemik Rinca ( Rattus rintjanus ), dan kelelawar buah. Mamalia domestik di dalam taman termasuk kambing, kucing, dan anjing yang liar.

Salah satu spesies burung utama adalah burung gosong berkaki oranye ( Megapodius reinwardti ), burung yang tinggal di darat. Di daerah sabana, 27 spesies diamati. Merpati zebra ( Geopelia striata ) dan merpati tutul ( Spilopelia chinensis ) adalah spesies yang paling umum. Di habitat gugur tropis campuran, 28 spesies burung diamati, dan friarbird helm ( Philemon buceroides ), merpati kekaisaran hijau ( Ducula aenea ), dan mata putih perut lemon ( Zosterops chloris) adalah yang paling umum. Burung lain termasuk spesies berwarna cerah seperti ayam hutan hijau ( Gallus varius ), burung beo berparuh besar ( Tanygnathus megalorynchos ), dan kakatua jambul belerang yang terancam punah ( Cacatua sulphurea ). Dua spesies elang ditemukan di taman ini, elang laut berperut putih dan elang Flores yang sangat langka yang terdapat di Rinca dan Flores dan dilaporkan tetapi belum dikonfirmasi di Pulau Komodo.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments