Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gua Batu Cermin di Kota Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur

 

Gua Batu Cermin di Kota Labuan Bajo

Banyak tempat wisata yang tersedia di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan salah satunya terletak di Kota Labuan Bajo. Namanya Gua Batu Cermin yang merupakan wisata alam yang unik. Tepatnya berada di Desa Wae Sambi dan memakan waktu 20 menit dari Bandara Komodo. Juga, itu milik Kabupaten Manggarai Barat. Batu artinya “batu” dan Cermin artinya “cermin”. Sinar matahari masuk ke dalam goa dan memantul di beberapa bagian goa, sehingga tampak seperti cermin. Bahkan stalagmit dan stalaktitnya akan memantulkan cahaya yang berasal dari senter pengunjung!

Nuansa Di
dalam gua tidak terlalu gelap, karena cahaya matahari masuk ke dalam gua dengan mudah. Struktur Gua Batu Cermin terdiri dari stalaktit dan stalagmit. Ciri-ciri tersebut terlihat cukup megah seolah-olah Anda hidup di Zaman Batu. Fitur menarik lainnya adalah fosil makhluk laut yang ditempelkan di dinding gua. Belum lagi ada beberapa terumbu karang yang terletak di beberapa bagian goa. Nuansa yang tenang juga menjadi ciri penting dari goa ini sebenarnya.

Menjelajahi Gua Batu Cermin
Baru-baru ini, gua tersebut juga menjadi populer di kalangan orang asing. Berkat fitur uniknya! Jarak dari pemukiman terdekat dan mulut goa adalah 300 meter, sehingga dibutuhkan sedikit jalan kaki untuk mencapai lokasi. Pemandu wisata dapat menemani wisatawan menjelajahi Gua Batu Cermin. Orang ini tidak akan mengeluarkan banyak biaya, selama Anda tahu cara menawar. Selain sebagai pemandu, ia menjadi sumber informasi Anda mengenai sejarah goa. Secara keseluruhan, ini adalah pengeluaran yang layak.

Menurut sejarah, Gua Batu Cermin ditemukan oleh Theodore Verhoeven – seorang arkeolog Belanda. Dia mengatakan gua itu terbentuk sejak jutaan tahun lalu, karena dia menemukan beberapa fosil purba di dalamnya. Dia bahkan percaya gua itu ditemukan oleh penduduk setempat sebelum dia. Dengan nilai sejarah tersebut semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke Labuan Bajo. Selain itu, mereka berkesempatan untuk menyaksikan gemerlap air di dalam gua secara langsung. Karena itu, jangan lupa membawa kamera.

Gua Batu Cermin juga dilengkapi dengan terowongan kecil, jadi Anda harus merunduk saat masuk ke dalamnya. Belum lagi beberapa bagian gua yang cukup gelap. Dengan mengingat hal-hal ini, lebih baik datang ke gua pada siang hari. Saat itulah matahari bersinar terang, sehingga sinarnya bisa masuk ke lubang-lubang gua dan memantul ke kolam dengan indah.

Atraksi Terdekat

  • Pusat Menyelam Manta Ray
  • Pulau Komodo
  • Pulau Rinca
  • Pemandangan Laut Amalia

Bagaimana Menuju ke Sana
Pos pemeriksaan utama Kabupaten Nusa Tenggara Timur adalah di Kota Kupang. Dari sana, Anda bisa menghabiskan perjalanan jauh ke Manggarai Barat dan Labuan Bajo. Padahal, dibutuhkan waktu hingga 30 jam karena jaraknya 903 km. Begitu sampai di Kota Labuan Bajo, tujuan terakhir Anda adalah Desa Wae Sambi, di mana gua itu berada. Jika perlu, Anda bisa menyewa pemandu wisata untuk menjelajahi lokasi ini dan menuju gua dengan mudah.

Dimana untuk tinggal

  • Suite Jayakarta
  • Hotel Puncak Bukit Golo
  • Hotel Butik Bukit Hijau

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments