Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Air Terjun Mata Jitu di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat


 

Wisatawan telah menyadari bahwa Kabupaten Sumbawa juga memiliki beberapa pulau yang menakjubkan untuk dijelajahi. Dari segi popularitas, dalam hal ini Pulau Moyo memang luar biasa. Salah satu alasannya adalah pulau ini memiliki banyak sekali wisata alam yang bisa dilihat wisatawan selama berkunjung. Misalnya, ada Air Terjun Mata Jitu. Meski lokasinya agak terpencil, tidak ada yang kecewa setelah mengunjungi air terjun. Sedangkan untuk kegiatan wisata, mereka bisa menikmati fotografi, jalan-jalan, dan eksplorasi begitu tiba di lokasi. Lokasi yang terisolasi juga membantu setiap orang untuk menghilangkan stres.

Air Terjun Nuansa

Mata Jitu terletak di tengah hutan. Tak heran, tempat ini menawarkan nuansa yang tenang dan suasana yang nyaman. Kehadiran pepohonan yang rimbun dan kicauan burung juga menenangkan pengunjung. Untuk ukurannya, air terjun ini memiliki ketinggian sedang dan memiliki debit air yang lemah. Di bawahnya, wisatawan juga bisa melihat kolam alami tosca dengan airnya yang dingin! Meski bisa mandi, kemungkinan wisatawan enggan masuk ke dalam air karena suhu yang dingin.

Menjelajahi Air Terjun Mata Jitu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Mata Jitu dikelilingi pepohonan rimbun di tengah hutan. Itu berarti wisatawan perlu melakukan trekking singkat untuk sampai ke sana, yang membutuhkan stamina. Hal terbaiknya adalah air terjun ini menawarkan nuansa yang tenang, sehingga wisatawan dapat menikmati relaksasi selama berkunjung. Bahkan suara gemericik air menenangkan pikiran semua orang. Selain itu, pemandangan alam yang hijau dan pepohonan yang rindang melengkapi kepuasan wisatawan. Namun, untuk pengalaman terbaik, wisatawan harus mengunjungi air terjun hanya di pagi hari karena udaranya yang paling segar.

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan begitu tiba di Air Terjun Mata Jitu adalah mandi di kolam alami. Lokasinya berada di bawah air terjun, sehingga cukup terjangkau. Adapun kondisinya, kolam alaminya dangkal dan memiliki udara yang menyegarkan. Itu berarti cocok untuk orang dewasa dan anak-anak. Faktanya air terjun ini memiliki 7 kolam alami! Selain itu, ia memiliki empat tingkat pembuangan air! Karena kekayaan alamnya, banyak penduduk setempat juga menyebutnya "Air Terjun Ratu".

Menurut penduduk setempat, baik air terjun maupun lanskap berbatu telah ada sejak seribu tahun yang lalu. Selain keindahan air terjunnya, wisatawan juga akan terkesima dengan kemegahan stalagmit dan stalaktit yang berada di tebing air terjun tersebut tentunya. Objek-objek ini menjadi latar terbaik untuk fotografi, tidak diragukan lagi. Maka dari itu, setiap orang tidak boleh lupa membawa kamera saat berkunjung ke air terjun nanti.

Atraksi Terdekat

Pantai Sengelu

Pantai Labuna'e

Pulau Medang

Cara Menuju Sana

Air Terjun Mata Jitu terletak di Pulau Moyo. Pertama, wisatawan harus menuju ke Kabupaten Sumbawa. Jika datang dari Kota Jakarta, penerbangan bisa memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Mereka bisa mendapatkan layanan pesawat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan tujuannya adalah Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Selanjutnya, mereka harus mendapatkan layanan kapal di Pelabuhan Badas dan menuju ke Pelabuhan Labuhan Aji di Pulau Moyo.

Dimana untuk tinggal

Resor Tepi Laut Maleo Moyo

Wisma Bale Moyo

Bungalo Maryan

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments