Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masjid Nurul Huda di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat



Saat ini, masjid kerap menjadi tempat berlibur bagi mereka yang berkunjung ke suatu daerah di Indonesia. Turis memiliki alasan berbeda untuk mengunjungi masjid selama liburan mereka. Beberapa dari mereka ingin mengapresiasi arsitekturnya sementara yang lain ingin mempelajari sejarah bangunan tersebut. Nah, Kabupaten Sumbawa punya beberapa masjid yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, dalam hal ini. Salah satunya adalah Masjid Nurul Huda yang berada di DR. Jalan Wahidin. Terletak di Desa Brang Bara dan masuk dalam wilayah Kecamatan Sumbawa. Penduduk setempat bahkan memberi judul "Masjid Agung" atau masjid agung untuk itu!

Nuansa

Hal pertama yang perlu diketahui tentang masjid adalah terkait nuansanya. Lokasinya berada di pinggir jalan, sehingga terbilang ramai karena aksesibilitas yang mudah. Jumlah pengunjung juga tinggi, karena penduduk setempat menggunakan masjid untuk memenuhi kewajiban ibadah mereka. Dari segi arsitektur, masjid ini menerapkan atap limas berlapis tiga. Ini juga menampilkan dua menara serupa yang mengapit masjid dengan indah. Sedangkan untuk interiornya, beberapa pilar bulat besar menopang bangunan. Secara keseluruhan, tampak megah baik di dalam maupun di luar.

Menjelajah Masjid Nurul Huda

Wisatawan sering mampir ke Masjid Nurul Huda untuk beristirahat sebelum melanjutkan liburan di Kabupaten Sumbawa. Padahal, mereka tidak boleh membuat keributan di masjid (terutama pada waktu ibadah). Ini tipnya. Mereka tidak boleh memasuki gedung untuk menghindari masalah ini. Sebagai gantinya, mereka bisa beristirahat di teras untuk beristirahat. Juga, disarankan untuk keluar dari waktu ibadah. Umat ​​Islam pasti mengetahui informasi ini.

Alasan umum berikutnya mengapa wisatawan mampir ke Masjid Nurul Huda adalah untuk mengapresiasi arsitekturnya. Desain modern dan menakjubkan menghibur semua pengunjung. Bahkan terlihat lebih canggih dari masjid biasa lainnya. Menurut penduduk setempat, sebenarnya masjid itu menjadi peninggalan penting Kesultanan Sumbawa. Tak heran, memiliki nilai sejarah yang bisa dipelajari wisatawan saat berkunjung nanti. Dalam hal ini, mereka perlu mencari pemandu lokal yang bisa menyampaikan informasi terkait sejarah masjid.

Masjid Nurul Huda menjadi populer karena berbagai alasan. Arsitektur dan sejarah yang indah adalah beberapa di antaranya. Apa selanjutnya? Hal ini terkait dengan lokasinya yang cukup strategis. Masjid ini berada di bagian barat Istana Dalam Loka. Belum lagi lokasinya yang berada di pinggir jalan. Artinya, setiap orang dapat menjangkau masjid dengan mudah dan memarkir kendaraannya tanpa kerepotan saat berkunjung nanti.

Atraksi Terdekat

Istana Dalam Loka

Jam Gadang

Pasar Seketeng

Cara Menuju Ke Sana

Dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Kota Jakarta), wisatawan harus naik pesawat agar bisa lebih cepat sampai. Tujuan mereka adalah Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III dan penerbangan memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, wisatawan cukup menempuh Jalan Diponegoro dan menuju Desa Brang Bara tempat masjid ini berada. Jaraknya hanya 2,7 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 7 menit.

Dimana untuk tinggal

Hotel Harapan

Dewi Hotel

Dian Hotel

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments