Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pulau Lipan di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 


Tidak semua wisatawan mengetahui keberadaan pulau-pulau kecil atau gili yang berada di Kabupaten Sumbawa. Pulau-pulau itulah yang membuat Sumbawa semakin populer akhir-akhir ini. Bagi yang mencari referensi bisa berkunjung ke Gili Lipan. Yang ini adalah bagian dari Tanjung Santong dan berada dekat dengan pulau-pulau terkenal lainnya seperti Gili Kebo, Panjang, dan Meriam Kecil. Dari segi nama, “Lipan” sebenarnya berarti kelabang. Terlepas dari namanya, pulau ini tidak dipenuhi oleh banyak kelabang. Sebaliknya, ia menawarkan panorama menakjubkan yang sesuai dengan fotografi dan tamasya.

Nuansa

Satu hal yang membuat Pulau Lipan berbeda dari Gili lainnya adalah bentang alamnya. Alih-alih menampilkan garis pantai yang panjang dan pantai berpasir putih, pulau ini menawarkan tebing-tebing tinggi dengan semak-semaknya yang rimbun. Belum lagi dilengkapi dengan hutan tempat wisatawan dapat melakukan penjelajahan dan petualangan. Sedangkan untuk nuansanya hadir dengan suasana damai dan pemandangan alam yang indah. Bahkan ada rute yang mudah untuk trekking! Itu artinya wisatawan bisa menjelajahi sisi bukit sambil menyaksikan pemandangan laut yang menakjubkan dari atas sana.

Menjelajahi Pulau Lipan

Mereka yang belum pernah mengunjungi Pulau Lipan akan bertanya-tanya apa yang bisa mereka lakukan di sana. Nah, bisa sesederhana mengamati pulau dari atas perahu (sebelum mendekati bibir pantai). Tidak hanya wisatawan yang bisa melihat pulau tersebut, namun mereka juga berkesempatan untuk mengambil fotonya langsung dari atas perahu. Meski begitu, fotografi lebih menarik untuk dilakukan setelah sampai di pulau. Pasalnya, wisatawan memiliki kesempatan untuk menjelajahi hutan dan mengambil lebih banyak objek menarik yang terletak di tengah pulau.

Sebagai informasi, luas Pulau Lipan hanya 10,63 hektar, sehingga wisatawan bisa menjelajahinya dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu. Pulau ini ditutupi oleh tebing dan bukit berbatu yang tinggi, sehingga terlihat megah! Bagusnya, wisatawan bisa melakukan trekking dengan mudah. Namun, pulau ini tidak berpenghuni, jadi wisatawan sebaiknya mempertimbangkan untuk datang dengan pemandu lokal yang mengetahui jalur trekking dengan baik. Tujuannya agar tidak tersesat saat eksplorasi nanti.

Apa yang lebih? Nuansanya yang damai menjadikan pulau ini cocok untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Yang bisa ditemui wisatawan hanyalah pohon-pohon besar dan tebing-tebing megah. Itu berarti pengunjung bisa lebih dekat dengan alam dan merasakan ketenangan. Bahkan terasa lebih nyaman di pagi hari! Dengan demikian, wisatawan harus datang pada waktunya untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Atraksi Terdekat

Pulau Rak

Gili Kebo

Gili Santigi


Cara Menuju Ke Sana

Dari Kota Jakarta, perjalanan ke Kabupaten Sumbawa memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit dengan pesawat. Wisatawan hanya perlu mendapatkan layanan pesawat yang handal di Bandara Internasional Soekarno – Hatta menuju Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Begitu sampai di Sumbawa, tujuan selanjutnya tak lain adalah Pulau Lipan. Kali ini, mereka harus memanfaatkan layanan perahu untuk mencapai pulau tersebut. Durasi tergantung pada cuaca dan kualitas kapal.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments