Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 


Kabupaten Sumbawa memiliki beberapa pulau indah yang terletak di bagian utara wilayah tersebut. Salah satunya disebut Pulau Moyo atau Mojo. Dari segi wilayah sebenarnya milik Kecamatan Labuhan Badas. Itu berada di Tanjung Saleh dan memiliki cagar alam yang menakjubkan juga! Tak heran, wisatawan tidak akan menolak untuk datang ke pulau itu suatu hari nanti. Mereka akan memanfaatkan keindahan untuk menikmati jalan-jalan, fotografi, menyelam, dan banyak kegiatan menyenangkan lainnya! Saking populernya, beberapa orang terkenal pernah mengunjungi pulau ini. Ini termasuk Maria Sharapova, Kim Te Hee, Putri Diana, dll.

Nuansa

Kesan pertama begitu tiba di Pulau Moyo pasti ketenangannya. Dibandingkan dengan pulau-pulau kecil lainnya di Kabupaten Sumbawa, Moyo lebih baik dari segi fasilitas. Pasalnya, wisatawan bisa menemukan beberapa resort dan homestay di sana. Ukuran pulau ini sekitar 350 km per persegi dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Tak heran, nuansanya terasa menyegarkan sekaligus nyaman. Ini juga menampilkan beberapa pantai dan atraksi alam lainnya seperti air terjun. Belum lagi tempat ini memiliki beberapa spot yang bagus untuk snorkeling dan diving!

Menjelajahi Pulau Moyo

Meskipun wisatawan harus menghabiskan banyak waktu untuk sampai ke Pulau Moyo, upaya mereka tidak akan sia-sia. Begitu mereka mendekati pulau, pemandangan indah menyambut mereka. Lautnya cukup jernih dan berton-ton ikan bisa terlihat jelas dari atas perahu. Terkadang, beberapa lumba-lumba eksotis muncul di pantai. Fitur terbaik di Pulau Moyo memang garis pantai berpasir putih yang indah di mana wisatawan dapat menikmati relaksasi dan berjalan-jalan di pantai!

Mereka yang berkunjung ke Pulau Moyo juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajahi pulau tersebut. Selain itu, selama penjelajahan, mereka mungkin bertemu dengan Air Terjun Matajitu yang menakjubkan. Jangan lupa kumpulkan foto-fotonya, nanti! Wisatawan bahkan berkesempatan untuk berendam di kolam alami dengan nyaman. Mereka harus menyiapkan pakaian ekstra terlebih dahulu. Usai mengunjungi air terjun, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah bersantai di tengah rimbunnya pepohonan. Nuansanya justru membantu pengunjung menghilangkan stres.

Adapun tipnya, wisatawan harus bermalam di Pulau Moyo. Itu karena layanan perahu hanya tersedia di pagi hari. Jangan khawatir. Berbeda dengan yang lain, Pulau Moyo memiliki beberapa bungalow dan penginapan yang bisa disewa wisatawan selama berkunjung. Harga menjadi lebih mahal selama liburan, meskipun. Itu berarti setiap orang harus menyiapkan uang ekstra jika mereka mengunjungi pulau itu selain dari hari-hari biasa.

Atraksi Terdekat

Pantai Sengelu

Pantai Labuna'e

Pulau Medang

Cara Menuju Kesana

Dari Kota Jakarta, wisatawan cukup naik pesawat terbang dan menuju ke Kabupaten Sumbawa. Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III sebenarnya memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan wisatawan selanjutnya adalah Pelabuhan Badas dimana mereka bisa mendapatkan layanan perahu. Tujuan terakhir memang Pelabuhan Labuhan Aji di Pulau Moyo.

Dimana untuk tinggal

Resor Tepi Laut Maleo Moyo

Wisma Bale Moyo

Bungalo Maryan

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments