Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pulau Namo di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 


Kabupaten Sumbawa menjadi tujuan liburan terkenal lainnya, terutama bagi mereka yang berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu penyebabnya adalah keberadaan pulau-pulau kecil yang berada di bagian utara wilayah tersebut. Misalnya, ada Pulau Namo! Nama lainnya adalah Range Island dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Poto Tano. Dari segi nama, itu berasal dari Bahasa Bajo. “Nama” berarti nyamuk. Seperti namanya, pulau ini memiliki banyak nyamuk karena keberadaan hutan bakau yang rimbun di atasnya. Padahal, pulau ini menawarkan banyak daya tarik bagi pengunjung termasuk pemandangan laut, tempat budidaya mutiara, dan masih banyak lagi! Bahkan bertetangga dengan pulau terkenal bernama Kenawa, yang nantinya bisa dikunjungi wisatawan.

Nuansa

Dari segi luas, Pulau Namo memiliki luas total 191 hektar. Garis pantainya juga cukup panjang, yakni sekitar 6,40 km. Nuansanya dinilai syahdu karena sepinya jumlah orang dan pengunjung. Seperti disebutkan sebelumnya, pulau ini memiliki hutan bakau yang rimbun (menutupi hampir 40% darinya). Ini juga menampilkan dua bukit yang indah di mana wisatawan dapat menikmati trekking dan fotografi. Apa selanjutnya? Jika wisatawan mencapai bagian timur pulau, mereka mungkin menemukan pusat budidaya mutiara. Semua orang harus mampir nanti!

Menjelajahi Pulau Namo

Daya pikat pertama di Pulau Namo adalah formasi karang yang menakjubkan di laut. Ini menjelaskan mengapa sebagian besar wisatawan akan mengunjunginya untuk snorkeling dan menyelam. Bagi yang tidak bisa berenang, dalam hal ini bisa langsung berdiri di dekat toko dan menyaksikan terumbu karang dari spot tersebut. Hal ini dimungkinkan karena air lautnya yang jernih, sehingga karang dan ikan dapat terlihat dari darat. Sebagai alternatif, wisatawan bisa menyewa perahu dan menyaksikan pemandangan bawah laut sambil menaiki perahu.

Apa selanjutnya? Setelah menjelajahi bibir pantai dan laut yang indah, wisatawan harus melakukan fotografi di hutan bakau. Satu hal, lebih baik datang pada siang atau pagi hari. Tujuannya untuk menghindari gangguan nyamuk dan serangga lain yang muncul di sore hari. Setelah menjelajahi hutan bakau, wisatawan juga harus pergi ke bagian lain Pulau Namo. Misalnya, mereka mungkin menemukan sabana kering yang subur. Lanskap kekuningan terlihat eksotis sekaligus indah, tanpa diragukan lagi.

Manfaat selanjutnya mengunjungi Pulau Namo adalah letaknya yang berdekatan dengan pulau terkenal lainnya bernama Kenawa. Artinya, wisatawan dapat melakukan island hopping dengan mudah setelah menjelajahi Namo. Lagipula, hanya perlu beberapa menit untuk menyeberang ke Pulau Kenawa dengan perahu. Namun, jangan lupa membawa uang ekstra untuk membayar layanan perahu.

Atraksi Terdekat

Pulau Kenawa

Pulau Belang

Pulau Panjang

Cara Menuju Ke Sana

Dari Kota Jakarta, tujuan pertama tak lain adalah Kabupaten Sumbawa. Untuk perjalanan tercepat, wisatawan harus naik pesawat dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kota Sumbawa Besar. Faktanya, hanya dibutuhkan 4 jam 5 menit dengan penerbangan langsung. Setelah sampai di pusat kota, tujuan selanjutnya adalah pelabuhan lokal. Kali ini, wisatawan bisa naik speedboat dan langsung menuju ke Pulau Namo (yang memakan waktu sekitar 10 menit saja).

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments