Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pulau Nisa Pudu di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

Pulau Nisa Pudu di Kabupaten Sumbawa

Selain budaya, Kabupaten Sumbawa dikenal dengan keindahan kepulauannya. Salah satu pulau yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pulau Nisa Pudu sebenarnya. Lokasinya berada di Kecamatan Kempo dan berada di perbatasan antara Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu. Meski popularitasnya kalah dengan Gili Lombok, namun cukup baik untuk rekreasi dan relaksasi keluarga. Belum lagi berada di Tanjung Saleh, sehingga wisatawan memiliki akses yang mudah untuk mencapai pulau tersebut. Sedangkan untuk kegiatan wisata, orang biasanya mengunjungi pulau ini untuk melihat-lihat sabana dan menikmati olahraga air di tepi pantai.

Nuansa

Pulau Nisa Pudu menawarkan nuansa damai karena tidak ada penghuninya. Dari segi ukuran, itu dianggap kecil. Begitu turis mendekati pulau itu, mereka mungkin melihat pulau hijau di cakrawala. Itu karena pulau ini ditutupi oleh pepohonan hijau yang rimbun dan rerumputan liar. Jika berbicara tentang pantai, air lautnya terlihat memukau dengan warna hijau tosca. Kejernihan bahkan sangat baik, sehingga cocok untuk snorkeling dan berenang. Apa yang lebih? Turis dapat berkeliling pulau hanya dalam waktu 10 menit!

Menjelajahi Pulau Nisa Pudu

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apa yang bisa mereka lakukan begitu tiba di Pulau Nisa Pudu. Nah, hal yang paling direkomendasikan untuk dilakukan adalah melakukan tamasya. Itu karena pulau ini menawarkan pemandangan laut dan daratan yang menakjubkan. Di bibir pantai misalnya, wisatawan bisa melihat air laut yang jernih berwarna biru susu dan ombak yang tenang. Namun terkadang, laut berubah menjadi hijau tosca dan lebih jernih. Saat itu, wisatawan harus memanfaatkan momen untuk snorkeling dan berenang.

Sedangkan untuk panorama darat, obyek terbaik pastinya adalah bukit kecil yang berada di tengah-tengah Pulau Nisa Pudu. Turis juga bisa mengatasinya dengan mudah. Begitu mencapai puncak bukit, panorama menjadi lebih baik dan menawarkan sudut pandang yang lebih baik untuk mengambil foto yang bagus baik menggunakan kamera atau smartphone. Dari tempat itu, apalagi, wisatawan bisa menyaksikan sekelompok hiu kecil di tepian pantai. Itu hanya anak hiu, jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin berenang di air nanti.

Daya pikat lain di Pulau Nisa Pudu tak lain adalah padang savana yang hijau subur. Terlihat lebih segar dan terbaik saat musim hujan, sehingga wisatawan harus datang pada saat itu. Bagaimana dengan mereka yang ingin bermalam di pulau itu? Nah, ada tempat terbaik untuk membangun tenda dan menikmati berkemah. Lokasinya berada di tengah pulau yang dekat dengan bukit. Setiap orang harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu, karena mereka tidak akan menemukan fasilitas persewaan di pulau itu.

Atraksi Terdekat

Tanjung Saleh

Cara ke Sana

Dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta, wisatawan bisa langsung naik pesawat terbang dan langsung menuju ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kabupaten Sumbawa. Sebagai informasi, penerbangan ini mungkin memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Dari Kota Sumbawa Besar tujuan selanjutnya adalah Kecamatan Kempo. Jaraknya 193 km, sehingga perjalanan darat memakan waktu kurang lebih 4 jam 15 menit. Rute terbaik yang bisa ditempuh adalah Lintas Sumbawa – Jalan Bima sebenarnya. Dari Kempo, tujuan terakhir adalah pelabuhan lokal di mana mereka bisa mendapatkan layanan perahu untuk mencapai Pulau Nisa Pudu. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai pulau dengan perahu.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments