Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tari Nguri Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Tari Nguri Kabupaten Sumbawa


Wisatawan memiliki banyak tuntutan ketika datang untuk berlibur. Misalnya, mereka ingin menikmati pertunjukan lokal seperti tarian dan festival. Di Kabupaten Sumbawa, dalam hal ini wisatawan bisa menemukan pertunjukan menarik bernama Tari Nguri. Ini telah menjadi bagian dari wilayah selama beberapa generasi. Tak heran, tarian ini menawarkan keindahan sekaligus nilai sejarah bagi para penontonnya. Dalam hal fungsi, tarian tersebut mewakili sifat hangat dan ramah penduduk setempat. Juga, penduduk setempat melakukan tarian untuk menyambut tamu penting selama acara khusus. Saking populernya, ternyata tarian ini menjadi salah satu tarian yang paling diminati di Indonesia!

Nuansa

Sebagai informasi, Tari Nguri hanya dilakukan oleh perempuan. Mereka melakukannya dalam kelompok dan menerapkan gerakan lembut dan anggun. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kesopanan dan keramahan. Gerakan-gerakan itu bahkan ada namanya, antara lain gerak tebe, gerak nyema, jempit tope, dan masih banyak lagi! Sedangkan untuk pengiringnya menampilkan beberapa alat musik seperti rebana, gong, dll. Bagaimana dengan kostumnya? Para penari mengenakan pakaian adat Sumbawa dan beberapa ornamen. Warna dominan merah dan kuning tua.

Menjelajahi Tari Nguri

Tari Nguri menjadi hiburan menarik yang bisa disaksikan wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Sumbawa nanti. Manfaat pertama berkaitan dengan sejarah. Konon tarian tersebut telah menjadi bagian dari budaya lokal secara turun temurun. Itu artinya sudah dilakukan sejak masa pemerintahan Kesultanan Sumbawa! Dahulu, pertunjukan ini dilakukan oleh penduduk setempat untuk menghibur dan memberikan semangat kepada raja. Belum lagi tarian tersebut menjadi tanda kesetiaan, dukungan, dan penghormatan kepadanya.

Wisatawan harus tahu bahwa ada sedikit perbedaan antara Tari Nguri dulu dan sekarang. Yang modern menjadi lebih fleksibel akhir-akhir ini. Tak heran, pertunjukannya menjadi lebih menarik bagi wisatawan. Selain menikmati gerakan-gerakan yang indah, penonton juga berkesempatan mempelajari nilai-nilai budaya dari tarian tersebut. Sejarah telah disebutkan sebelumnya. Adapun nilai-nilainya, tarian ini menunjukkan keramahan, kesopanan, dan kelembutan kehidupan masyarakat setempat.

Nah, semua wisatawan harus mencari waktu yang tepat untuk mengunjungi Kabupaten Sumbawa untuk menonton tarian tersebut. Menurut penduduk setempat, tarian ini biasa mereka lakukan saat menyambut tamu penting. Jadi, wisatawan harus datang pada waktunya. Sebagai alternatif, mereka bisa mengunjungi kawasan ini saat festival budaya! Cara paling sederhana adalah menyewa orang lokal dan mendapatkan informasi yang dapat dipercaya darinya. Wisatawan bahkan bisa mendapatkan lebih banyak cerita terkait tarian termasuk sejarah dan nilai-nilai dari pemandu nantinya.

Atraksi Terdekat

Istana Dalam Loka

Pasar Seketeng

Cara ke Sana

Wisatawan perlu ke Kabupaten Sumbawa jika ingin menyaksikan Tari Nguri secara langsung. Namun, bagi mereka yang datang dari Kota Jakarta, mereka perlu naik pesawat agar lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta, penerbangan memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit untuk mencapai Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Nantinya setelah sampai di tempat tujuan, mereka cukup menyewa pemandu lokal dan mencari tempat yang pas untuk menyaksikan tarian tersebut.

Dimana untuk tinggal

Dewi Hotel

Dian Hotel

Hotel Samawa Rea

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments