Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Upacara Nyorong di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

Upacara Nyorong di Kabupaten Sumbawa

Banyak upacara menarik menanti wisatawan di Kabupaten Sumbawa. Ini menjelaskan mengapa kawasan ini menjadi lebih populer dari waktu ke waktu. Bagi yang mencari referensi, ada Upacara Nyorong. Meski dianggap tidak resmi, upacara tersebut telah menjadi bagian dari daya tarik wisata Sumbawa saat ini. Hal inilah yang membuat banyak orang luar tertarik untuk menonton dan mempelajarinya saat berkunjung ke Sumbawa saat liburan. Lantas, apa sebenarnya Nyorong itu? Ini adalah proses pengiriman mahar pernikahan dari pengantin pria ke rumah pengantin wanita. Paradenya terlihat indah, pastinya!

Nuansa Nuansanya

terasa meriah dan indah, karena hadirnya prosesi pawai. Kerabat perempuan mempelai pria boleh membawa mahar di atas kepala mereka dan berjalan dengan khidmat ke rumah mempelai wanita. Barang-barangnya bervariasi, antara lain pakaian, kue, makanan pokok, dll. Namun, hanya barang-barang kecil yang dibawa di atas kepala para wanita tersebut. Selain arak-arakan, atraksi lain juga ditampilkan, yakni Ratib Rebana Ode. Bagaimana dengan pakaiannya? Mereka mengenakan pakaian tradisional berwarna-warni dan ornamen sederhana. Selama pawai, wisatawan berkesempatan berjalan bersama orang-orang tersebut dari kejauhan. Bahkan mengambil foto diperbolehkan!

Menjelajahi Upacara Nyorong

Asyiknya, wisatawan diperbolehkan mengikuti Upacara Nyorong tanpa harus repot, asal mendapat izin dari penduduk setempat terlebih dahulu. Sepanjang jalan pawai (menuju rumah mempelai wanita), terjadi pertunjukan unik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, namanya adalah Ratib Rebana Ode. Itu membuat pawai lebih menarik dan meriah, pastinya. Begitu tiba di tempat tujuan, sebuah ritual khusus menyambut mereka. Namanya Rabalas Lawas. Itu membuat nuansa terasa lebih bersahabat! Prosesi selanjutnya tidak lain adalah pemberian mahar. Namun, pada saat itu, wisatawan harus mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum mengambil foto.

Selain mengikuti pawai, wisatawan juga dapat mengetahui informasi lebih lanjut tentang Upacara Nyorong. Mereka bisa mendapatkan informasi baik dari penduduk desa atau pemandu lokal nanti. Konon nama aslinya adalah Sorong Serang dan termasuk Suku Sasak. Menurut penduduk setempat, lokasi terbaik untuk menyaksikan upacara tersebut adalah di Kecamatan Alas. Dengan demikian, wisatawan hanya perlu mengunjungi lokasi tersebut jika ingin menyaksikannya secara langsung.

Apa yang lebih? Upacara Nyorong tidak terjadi setiap hari. Artinya wisatawan harus mengetahui jadwal pastinya terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Kabupaten Sumbawa untuk menyaksikan upacara tersebut. Sebagai alternatif, mereka harus berbicara dengan layanan lokal mengenai informasi tersebut. Juga disarankan untuk mendapatkan info dari agen tur, tetapi membutuhkan biaya.

Atraksi Terdekat

Istana Dalam Loka

Taman Air Splash

Wisata alam Semongkat

Bendungan Batu Bulan

Cara ke Sana

Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Kota Jakarta) ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III dapat memakan waktu sekitar 4 – 5 jam. Ini bisa lebih cepat selama cuaca bagus. Nantinya, setelah sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan selanjutnya adalah desa terdekat tempat dilakukannya upacara tersebut. Untuk menghindari kekecewaan, mereka harus menyewa pemandu lokal atau agen tur terlebih dahulu. Tujuannya untuk mencari waktu dan tempat yang tepat untuk menyaksikan upacara tersebut.

Dimana untuk tinggal

Dewi Hotel

Hotel Samawa Rea

Hotel Balong

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments