Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menjelajahi Keindahan Taman Nasional Tambora di Kabupaten Dompu

Taman Nasional Tambora

Menjelajahi Keindahan Taman Nasional Tambora di Provinsi Nusa Tenggara Barat dikelilingi oleh pemandangan yang megah dan alam yang murni. Jika berbicara tentang petualangan, wisatawan cenderung mengunjungi Taman Nasional Tambora yang terkenal. Lokasinya berada di Kecamatan Pekat dan termasuk Kabupaten Dompu. Orang biasanya datang dari Kabupaten Sumbawa dan daerah terdekat lainnya juga! Peresmiannya pada tahun 2015 dan telah menjadi tujuan liburan populer sejak saat itu. Seperti yang diharapkan orang, mereka bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna di daerah itu. Itu menjadi tempat terbaik untuk melakukan rekreasi dan eksplorasi keluarga juga!

Nuansa

Dari segi nuansa, Taman Nasional Tambora terlihat tenang sekaligus menyegarkan. Berkat alam yang masih asli dan suasana yang damai. Ini juga terdiri dari beberapa lanskap yang luas. Ini termasuk lapangan berburu, cagar alam, dan suaka margasatwa. Wisatawan bahkan dapat melihat berbagai jenis pohon, tumbuhan, dan tumbuhan lainnya. Belum lagi berbagai jenis hewan hidup di kawasan itu termasuk mamalia, primata, burung, reptil, dan masih banyak lagi! Sedangkan untuk jalur trekking, wisatawan cukup menjelajahi hutan daratan. Mereka juga bisa melakukan trekking di jalur yang lebih menantang seperti hutan pegunungan.

Menjelajahi Taman Nasional Tambora

Orang memiliki banyak alasan untuk datang ke Taman Nasional Tambora. Misalnya untuk melakukan trekking. Mereka ingin menjelajahi gunung dan mencapai puncaknya. Rute yang menantang memuaskan mereka dan panorama yang indah menenangkan pikiran mereka. Selama trekking ternyata mereka berkesempatan untuk mengabadikan pemandangan indah baik menggunakan kamera maupun smartphone. Tambora menjadi lokasi yang tepat untuk mengoleksi foto-foto alam.

Yang terbaik adalah Taman Nasional Tambora terdiri dari banyak gunung termasuk Ranu. Peke, Tabbenae, Lambubu, dan masih banyak lagi! Masing-masing menawarkan ketinggian dan atraksi alam yang berbeda pula. Selain itu, selama trekking, wisatawan dapat bertemu dengan beberapa sungai yang menakjubkan seperti Pasumba, Hodo, Kengana, dll. Airnya segar dan arusnya sedang, sehingga setiap orang dapat bermain air atau mandi sebentar sebelum melanjutkan petualangannya.

Selain trekking, kebanyakan orang datang ke Taman Nasional Tambora untuk menyaksikan flora dan fauna. Situs ini terdiri dari ekosistem yang berbeda di mana banyak makhluk liar hidup. Ini termasuk hutan tropis, hutan musim, dan sabana. Tak heran, tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk melestarikan tumbuhan dan hewan. Hewan yang paling menarik untuk dilihat disebut Kakatua Kecil Jambul Kuning! Namun, burung-burung ini jarang terlihat. Untuk kesempatan yang lebih baik, wisatawan sebaiknya memanfaatkan bantuan pemandu wisata nantinya.

Lokasi Terdekat

Sarae Nduha

Taman Hodo

Air Terjun Walet Putih

Bagaimana Cara Menuju kesana

Dari Kota Jakarta, wisatawan harus naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan langsung menuju ke Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kabupaten Sumbawa. Penerbangan ini memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan selanjutnya adalah Kecamatan Pekat tempat Taman Nasional Tambora berada. Jaraknya 222 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 4 jam 33 menit. Jangan khawatir. Lebih cepat lagi kalau lewat Lintas Sumbawa – Jalan Bima.

Dimana untuk tinggal

Atiqah Homestay

Wisma Tambora

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments