Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kampung Ombarade di Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kampung Ombarade di Kabupaten Sumba Barat


Kampung ini menyimpan beberapa benda sakral yang digunakan dalam ritual tertentu. Diantaranya piring-piring keramik kuno yang dipercaya dapat menangkal racun, biasanya
digunakan untuk menyajikan makanan bagi raja atau Rato-Rato utama. Ada lagi Kangali Atura, pagar batu yang mengelilingi natara poddu (halaman suci).

Batu-batu tersebut dianggap sakral. jika salah satu jatuh atau terlepas dari susunan, tandanya ada kerabat satu suku yang meninggal dunia. Berlokasi di Kecamatan Tana Righu dengan jarak 25 KM dari pusat kota. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan aspal dengan kondisi baik. Kondisi jalan dalam lokasi berupa jalan tanah dengan kondisi cukup baik. Moda transportasi umum yang tersedia tidak sampai ke lokasi sehingga wisatawan lebih memilih jasa rentcar.

Belum tersedia warung makan di lokasi obyek wisata sehingga disarankan untuk wisatawan membawa makanan sendiri. Di lokasi obyek wisata juga tidak ada fasilitas penginapan sehingga pengunjung sebaiknya menginap di pusat kota Waikabubak yang tersedia banyak pilihan fasilitas hotel.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments