Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gua Kristal di Bolok Kabupaten Kupang


Gua Kristal di Bolok
 

Jika Anda menghabiskan beberapa hari berkeliaran di Kupang, Gua Kristal, atau Goa Kristal (sebutan penduduk setempat), adalah cara yang cukup bagus untuk melewatkan beberapa jam. Ini sebenarnya mengingatkan saya pada banyak cenote di Meksiko , tetapi dalam skala yang jauh lebih kecil.

Kupang sangat panas, jadi sebaiknya Anda tahu bahwa Anda bisa berenang di dalam gua! Benar sekali, bagian 'kristal' dari namanya mengacu pada warna jernih air di dalam gua, bukan kristal sebenarnya. Padahal, harus diakui, itu juga keren.

Catatan untuk pelancong wanita solo: Cobalah mencari seseorang di hotel atau hostel Anda untuk pergi bersama Anda. Saya pergi dengan pacar saya, tetapi saya perhatikan ketika saya di sana bahwa saya tidak akan merasa aman sepenuhnya jika saya sendirian. Sekelompok pria lokal berkumpul di pintu masuk gua dan mengawasi saya dengan bikini sepanjang waktu. Beberapa bahkan mengambil foto. Jika Anda tidak menginap di hostel, cobalah nongkrong di Lavalon Hostel, karena selalu ada wisatawan yang bisa ditemui di sana.

WAKTU TERBAIK UNTUK MENGUNJUNGI GUA KRISTAL

Anda tidak ingin berada di gua lebih awal dari jam 11 pagi. Anda harus menunggu sampai matahari tinggi, agar bisa bersinar di dalam dan membuat air terlihat seperti kristal. Berdasarkan saat kami berada di sana, jam 12 hingga jam 2 siang akan sempurna.

Kami bertemu dengan beberapa pelancong lain yang berada di sana pagi-pagi dan mereka mengatakan itu hanya genangan air yang gelap. Mereka tidak bisa melihat apa-apa.

CARA MENUJU GUA KRISTAL DI KUPANG

Jika Anda punya uang tunai, taksi atau ojek akan mudah. Namun bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, ada cara menuju ke sana dengan transportasi umum dan berjalan kaki.

LANGKAH 1: NAIK BEMO KE BOLOK

Pertama Anda harus berjalan ke terminal bemo (bus) di depan pantai. Ini benar-benar bagian tersulit dari perjalanan, karena setiap orang di sana akan berusaha mendorong Anda ke dalam bus mereka. Kami dimarahi, orang-orang menarik lengan baju kami, itu membuat stres.

Beberapa orang mencoba mematok harga 50.000 rupiah. Kami telah mendengar dari pemilik hotel kami bahwa harganya masing-masing tidak boleh lebih dari 7.000, jadi kami tidak memilikinya. Segalanya menjadi sangat kacau sehingga kami keluar dari terminal, siap mengakui kekalahan dan membatalkan rencana kami. Tapi kemudian salah satu bus melaju dengan menawarkan masing-masing 10.000, jadi kami mengambilnya.

Anda harus meminta mereka untuk pergi ke pelabuhan feri Bolok, tetapi melompatlah sebelum mereka berbelok ke pelabuhan. Perjalanannya cukup banyak satu jalan sepanjang jalan, jadi ketika mereka mulai berbelok ke jalan yang lebih kecil setelah sekitar 15-20 menit, Anda mungkin sudah sampai di tempat.

LANGKAH 2: BERJALANLAH KE JALUR GUA

Saat Anda berjalan kaki, lanjutkan di sepanjang jalan utama yang Anda lalui untuk bemo. Sekitar satu kilometer, Anda akan melihat tanda biru polisi air ('pol air' dalam bahasa Indonesia). Ambil kanan dan lanjutkan sekitar 100 meter. Jika Anda merasa salah jalan, minta saja seseorang untuk mengarahkan Anda ke arah pol air.

LANGKAH 3: TEMUKAN SESEORANG UNTUK MEMBAWA ANDA KE GUA

Kemungkinan besar akan ada seseorang yang berkeliaran, menunggu turis muncul. Saran saya adalah ikuti saja mereka dan beri mereka sedikit uang untuk masalah mereka (5.000 tidak apa-apa). Mereka tidak meminta uang tunai atau menyepakati harga sebelumnya, itu hanya sikap yang baik untuk membayar mereka.

Jika tidak ada orang di sekitar, Anda akan melihat beberapa jalan tanah mengarah ke kiri. Ikuti saja sekitar 30 hingga 50 meter sampai Anda mencapai pintu masuk gua.

LANGKAH 4: MEMASUKI GUA

Jika Anda telah membayar salah satu orang lokal untuk menunjukkan jalannya, mereka akan memandu Anda sampai ke bawah. Saya merekomendasikan memakai sepatu dengan pegangan dan melewatkan sandal jepit Anda untuk turun, karena beberapa bebatuan bisa sangat licin. Ambil obor, karena sulit untuk melihat ke mana Anda pergi saat masuk lebih dalam ke dalam gua.

NIKMATI BERENANG

Jika pengalaman Anda sama dengan pengalaman kami, separuh lingkungan akan berdiri di atas gua menonton, sementara semua pemuda bergabung dengan Anda untuk berenang. Bersiaplah untuk meriam tak berujung. Setelah selesai, kembali saja ke Kupang seperti saat Anda datang. Mudah!

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments