Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bebaskan Diri Anda dengan Kehangatan Pemandian Air Panas Mangeruda

Pemandian Air Panas Mangeruda

Pemandian Air Panas Mangeruda

Sesekali, kita membutuhkan tempat untuk melepaskan diri dari kebosanan dan penat. Namun, melakukan perjalanan terus-menerus juga bisa melelahkan, bukannya menyegarkan diri. Untuk bersantai sekaligus menikmati destinasi wisata, pertimbangkan untuk mengunjungi Pemandian Air Panas Mangeruda di Flores, salah satu destinasi wisata paling populer di provinsi ini!

Keterangan

Pemandian Air Panas Mangeruda terletak di Mangeruda, Soa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemandian air panas ini mendapatkan pasokan air panas dari Gunung Inelika terdekat di Bajawa, Kabupaten Ngada. Awalnya dibuka sebagai tujuan wisata pada tahun 1997, pemandian air panas ini kini menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di seluruh provinsi.

Karena letaknya yang strategis, pemandian air panas ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berlibur di Flores. Pengunjung dari dan ke Gunung Kelimutu yang terkenal biasanya singgah di sumber air panas ini untuk bersantai dari perjalanan jauhnya.

Karena kandungan mineral dalam air mata air panas, pengunjung datang ke Mangeruda untuk menyembuhkan penyakit kulit. Dengan suhu 36 hingga 44 derajat Celcius, tak heran jika banyak orang berbondong-bondong ke lokasi ini untuk menikmati berendam di sumber air panas.

Lokasi

Pemandian air panas ini terletak di desa dengan nama yang sama, Mangeruda. Dibutuhkan sekitar 6 menit dan 3,8 kilometer dari Bandara Soa Bajawa terdekat, yang membuatnya sangat dekat jika Anda ingin pergi ke pemandian air panas langsung dari bandara.

Dalam hal ini, sumber air panas terletak sekitar 22,8 kilometer timur laut Bajawa, kota terbesar di kabupaten tersebut, dan 23,6 kilometer dari Danau Wawomudha, sebuah danau terkenal di kabupaten tersebut.

Rute

Waktu dan jarak yang bisa Anda lalui bisa berbeda tergantung lokasi keberangkatan Anda. Kalau langsung dari Bandara Soa Bajawa, akan sangat dekat dengan Mangeruda. Dengan menyewa kendaraan dari lokasi keberangkatan Anda, akan lebih mudah untuk pergi ke pemandian air panas.

Demikian pula jika Anda akan berangkat dari Bajawa, Anda memerlukan kendaraan sewaan karena jarak antara Bajawa dan Mangeruda cukup jauh. Dari Bajawa, Anda harus mengambil jalan utama timur laut yang awalnya mengarah ke Bandara Soa Bajawa sebelum melanjutkan ke timur ke Mangeruda.

Fasilitas

Seperti mata air panas terkenal lainnya, berbagai fasilitas telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Semua fasilitas tersebut dikelola langsung oleh pemerintah Kabupaten Ngada.

Fasilitas yang ada saat ini antara lain toilet umum, area parkir, gedung pertemuan, dan loker yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang pengunjung, serta toko makanan dan minuman serta toko suvenir.

Selain itu, terdapat juga restoran dan tempat berkemah di Pemandian Air Panas Mangeruda, sehingga sangat layak bagi Anda jika Anda memutuskan untuk tinggal di sana daripada di Bajawa.

Kapan Berkunjung

Untuk menikmati pengalaman yang paling maksimal saat mengunjungi Mangeruda, sangat disarankan bagi Anda untuk mengunjungi pemandian air panas saat musim hujan. Pada musim ini, aliran air panas dalam keadaan paling aktif, yang membuat mata air panas melimpah dengan kandungan air baru.

Sebaliknya, kolam mengering hampir seluruhnya selama musim kemarau karena kurangnya curah hujan. Akibatnya, orang biasanya berbondong-bondong ke Mangeruda pada bulan-bulan musim hujan.

Bagaimana Menuju ke

Untuk pergi ke Mangeruda, perlu diketahui bahwa sumber air panas buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore setiap hari. Tempat ini juga sangat mudah dijangkau baik dari Bandara Soa Bajawa maupun Bajawa, dimana anda tidak perlu berjalan kaki sejauh itu dari tempat parkir menuju sumber air panas.

Harga tiket untuk pengunjung adalah sebagai berikut:

Turis anak (Rp7.000)

Wisatawan dewasa (Rp14.000)

Kesimpulan

Di Pemandian Air Panas Mangeruda, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang mengelilingi pemandian air panas, tetapi juga pemandian air panas yang hangat dapat menghilangkan rasa lelah Anda selama perjalanan. Jika Anda merasa lelah mengunjungi banyak tempat di Kabupaten Ngada atau Flores pada umumnya, pertimbangkan untuk mengunjungi sumber air panas ini agar segar kembali baik secara fisik maupun mental!


Baca Juga Artikel Dibawah Ini

  1. Air Terjun Agal di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  2. Air Terjun Ai Beling di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  3. Air Terjun Diwu Mbai di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat
  4. Air Terjun Gunung Meja di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  5. Air Terjun Kalela di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat - New!
  6. Air Terjun Laiwi di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  7. Air Terjun Lapopu di Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  8. Air Terjun Matayangu di Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  9. Air Terjun Ogi Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur
  10. Air Terjun Waikanabu di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  11. Bebaskan Diri Anda dengan Kehangatan Pemandian Air Panas Mangeruda
  12. Danau Laputi di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments