Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menjelajahi Kawah Wawomudha mirip dengan Kawah Danau Kelimutu

 Kawah Wawomudha mirip dengan Kawah Danau Kelimutu

Kawah Wawomudha

Jika ditanya tentang tempat wisata yang sangat terkenal di Flores, sebagian orang mungkin akan menjawab Pulau Komodo, Labuan Bajo, Gunung Kelimutu, dan tempat lainnya. Meskipun jawaban ini benar, ada tempat lain di Flores yang dapat Anda kunjungi dan nikmati selama Anda tinggal di pulau tersebut. Salah satunya adalah Danau Wawomudha atau Kawah Wawomudha, yang biasa dikenal dengan Mini Gunung Kelimutu!

Keterangan

Flores dipenuhi dengan banyak gunung, salah satunya adalah Danau Wawomudha. Awalnya dikenal sebagai gunung berapi tidak aktif yang telah tidak aktif selama berabad-abad, gunung tersebut tiba-tiba membuat beberapa letusan kecil pada tahun 2001, yang menciptakan sebuah danau kecil setelah letusan berakhir.

Setelah gunung meletus, warga sipil setempat menyadari bahwa letusan tersebut menciptakan tiga danau kecil berisi air, masing-masing dengan warna berbeda. Munculnya danau-danau kecil ini mengingatkan orang pada Gunung Kelimutu, gunung berapi lain yang terkenal di Flores, dan Indonesia sebagai gunung berapi dengan tiga danau kawah gunung berapi, masing-masing dengan warna yang berbeda pula.

Oleh karena itu, masyarakat mulai menyebut Wawomudha sebagai “Gunung Mini Kelimutu” karena kesamaan karakteristiknya, terutama memiliki tiga danau dengan warna berbeda di masing-masingnya. Namun, skala Wawomudha lebih kecil, menjadikannya semacam “kerabat lebih kecil” dari Gunung Kelimutu di sisi timur pulau.

Lokasi

Danau ini sendiri terletak di Desa Ngoranale, Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau ini juga terletak di utara Bajawa, kota terbesar di kabupaten itu, dan di selatan Gunung Inielika, gunung berapi yang lebih besar di utara Wawomudha.

Selain itu, danau ini terletak di barat daya Bandara Bajawa Soa, bandara regional dan pintu masuk pesawat untuk memasuki kawasan tersebut. Meskipun terlihat dekat dengan jalan utama di peta, tidak ada jalan langsung yang menghubungkan Wawomudha dengan jalan utama, karena sebagian besar akses hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki dari tempat parkir danau.

Rute

Terletak dekat dengan jalan utama antara Bajawa dan Bandara Bajawa Soa, dibutuhkan sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Bajawa menuju danau. Dari Bajawa, wisatawan dapat melakukan perjalanan dari Jalan Bajawa TW Mengeruda (jalan utama antara Bajawa dan Bandara Bajawa Soa) sebelum berbelok ke kiri menuju Jalan Wawo Muda.

Begitu memasuki Jalan Wawo Muda, pengunjung dapat terus menyusuri jalan tersebut hingga melihat papan penunjuk jalan masuk Danau Wawomudha di sisi kanan jalan.

Fasilitas

Karena letusan Wawomudha yang relatif baru dan kurangnya reputasi dibandingkan dengan Gunung Kelimutu, sebagian besar fasilitas wisata terdekat hanya tersedia di jalan utama dan desa terdekat. Meskipun tidak merampok pesona Wawomudha bagi wisatawan, mereka perlu mempertimbangkan fakta ini untuk mencegah kekecewaan karena harus mendaki gunung dan mengharapkan banyak toko perlengkapan.

Selain itu, karena kurangnya infrastruktur dan rambu penunjuk arah, melintasi hutan untuk mencapai danau juga bisa menjadi tantangan tanpa panduan yang tepat. Oleh karena itu, wisatawan sangat disarankan untuk mempersiapkan fasilitasnya sendiri sebelum mengakses danau karena masih kurangnya toko-toko fasilitas tempat mereka dapat membeli barang-barang di tempat.

Kapan Berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Wawomudha adalah saat musim hujan. Pasalnya, saat musim kemarau, kandungan air danau akan mengering sehingga tidak memunculkan warna khas danau seperti di Gunung Kelimutu.

Oleh karena itu, biasanya lebih baik untuk mengunjungi danau selama musim hujan. Sementara trekking bisa sedikit lebih sulit karena tanah yang basah, kandungan air danau paling tinggi pada titik ini.

Bagaimana Menuju ke

Beruntung bagi wisatawan, perjalanan awal ke Wawomudha dari Bajawa atau tempat lain kini lebih mudah diakses, karena jalan utama sudah diaspal dengan baik. Dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, wisatawan dapat menyusuri jalan sebelum tiba di tempat parkir danau. Dari situ, wisatawan bisa mencapai danau setelah berjalan kaki selama 30 menit dengan bantuan pemandu lokal.

Kesimpulan

Meskipun lebih kecil dari skala Gunung Kelimutu, Danau Wawomudha tetap menjadi pesaing kuat untuk tujuan wisata yang memukau di Flores. Bahkan, jika Anda sangat menyukai hiking, pertimbangkan untuk mengunjungi danau ini untuk merasakan kepuasan melihat danau berwarna-warni setelah lama mendaki!

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments