Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wisata Air Terjun Sekongkang di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

Wisata Air Terjun Sekongkang di Kabupaten Sumbawa Barat

Wisata Air Terjun Sekongkang merupakan salah satu daya pikat wisata terbaik Kabupaten Sumbawa. Seperti namanya, air terjun ini terletak di Kecamatan Sekongkang. Lokasi tepatnya di Desa Kemuning sebenarnya. Suasana murni dan pemandangan yang indah membuat air terjun ini populer dari waktu ke waktu. Pengunjung biasanya menikmati jalan-jalan dan fotografi di situs. Selain itu, ada juga yang ingin melakukan penjelajahan atau trekking kecil selama berkunjung. Yang terbaik adalah air terjun ini terletak di dekat lokasi penambangan aktif dan air mancur yang menenangkan. Dengan demikian, pengunjung bisa melihat banyak atraksi alam yang menarik di sana!

Nuansa Kesan

pertama begitu tiba di lokasi adalah ketenangan. Pasalnya, air terjun ini berada di tengah hutan yang dikelilingi pepohonan besar dan semak belukar yang rimbun. Satu hal, ukurannya dianggap kecil dan debit airnya juga lemah. Wisatawan bahkan bisa memanjat bebatuan yang mengapit air terjun dengan mudah. Begitu sampai di bebatuan tersebut, mereka juga bisa melompat ke kolam alami di bawahnya. Rasanya menyenangkan dan menyegarkan! Menurut penduduk setempat, air terjun tidak kehilangan air terlepas dari musim. Itu berarti itu berlangsung sepanjang tahun! Penduduk setempat bahkan menahan air untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Menjelajahi Air Terjun Sekongkang

Nah, orang memiliki alasan berbeda untuk mengunjungi Air Terjun Sekongkang. Alasan paling umum adalah untuk menikmati trekking atau eksplorasi. Pasalnya, pengunjung yang baru pertama kali menuju lokasi cenderung bingung karena tidak adanya rambu-rambu jalan. Jangan khawatir. Wisatawan cukup bertanya kepada penduduk setempat mengenai lokasi tersebut. Sekedar informasi, warga desa sering menyebutnya Air Terjun Perpas juga. Sehingga, wisatawan harus familiar dengan nama alternatif ini saat menanyakan informasinya nanti.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, trekking menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan di Air Terjun Sekongkang. Itu bisa dilakukan baik di sepanjang jalan menuju air terjun atau setelah tiba di lokasi. Saat trekking, wisatawan dapat melihat berbagai flora yang menakjubkan di kedua sisi rute. Mereka kemungkinan akan bertemu hewan eksotis selama aktivitas! Ini termasuk jangkrik dan kelabang! Maka dari itu, jangan lupa membawa kamera saat berkunjung ke air terjun nanti. Alam, flora, dan fauna, menjadi objek yang bagus untuk fotografi, bukan?

Setelah menyeberangi sungai, wisatawan dapat mencapai pos pemeriksaan pertama untuk trekking. Mereka mungkin melewati hutan untuk mencapai air terjun juga. Setelah sampai di lokasi, air terjun yang indah menyambut semua orang. Terlihat tenang dan indah dengan ukurannya yang kecil. Debit airnya aman buat mandi dan main air juga. Anak-anak pun bisa menikmati berenang di kolam alami yang terletak di bawah air terjun.

Atraksi Terdekat

Pantai Lawar

Bendungan Sekongkang

Masjid Babussalam

Bagaimana menuju ke sana

Dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Kota Jakarta), perjalanan ke Kabupaten Sumbawa dapat memakan waktu sekitar 4-5 jam dengan pesawat. Tujuannya sebenarnya Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan selanjutnya adalah Desa Kemuning di Kecamatan Sekongkang. Jaraknya 151 km, sehingga perjalanan ini memakan waktu sekitar 3 jam 22 menit. Adapun rute terbaik pastilah Jalan Lintas Sumbawa.

Dimana untuk tinggal

Pondok Surfing Nusa

Hotel Supersuk

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments