Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wisata Pantai Sarae Nduha di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Wisata Pantai Sarae Nduha di Kabupaten Dompu

Wisata Pantai Sarae Nduha telah menarik banyak wisatawan akhir-akhir ini. Tempat liburan yang indah ini terletak di dekat perbatasan antara Kabupaten Dompu dan Sumbawa, sehingga memiliki aksesibilitas dan popularitas yang mudah. Tepatnya berada di Desa Doropeti dan masuk dalam wilayah Kecamatan Pekat. Nama lainnya adalah Pantai Ombo dan berada di dekat Gunung Tambora dan Tempat Wisata Doro Ncanga. Meski belum diresmikan sebagai tempat wisata resmi oleh pemerintah setempat, namun seiring berjalannya waktu semakin banyak orang yang mengunjunginya. Bagaimanapun, mereka terkesan dengan lanskapnya.

Pantai Nuansa

Sarae Nduha terdiri dari dua atraksi atau nuansa unggulan. Yang pertama pastinya adalah garis pantai berpasir hitam yang eksotis. Ombaknya kecil dan pantainya juga memiliki beberapa terumbu karang yang tinggi. Daya tarik kedua adalah tebing tinggi yang berada di belakang bibir pantai. Hal baiknya adalah wisatawan dapat mendakinya dan menikmati tamasya dari atas. Permukaan tebing berumput dan polos. Tak heran, banyak wisatawan yang mendirikan tenda dan senang berkemah di sana. Dari atas tebing, pemandangan lautnya juga terlihat lucu! Spot tersebut memang menjadi lokasi terbaik untuk melakukan fotografi dan relaksasi.

Menjelajahi Sarae Nduha

Wisatawan memiliki alasan berbeda untuk mengunjungi Sarae Nduha. Kebanyakan dari mereka ingin menikmati olahraga air. Ini termasuk berenang dan bahkan berselancar! Itu karena pantai ini memiliki ombak yang kuat dan tenang. Wisatawan hanya perlu mencari spot yang tepat untuk melakukan surfing atau berenang. Bagi yang tidak menyukai olahraga air, dalam hal ini bisa melakukan aktivitas lain seperti jalan-jalan di pantai dan fotografi. Berkat pemandangan dan panorama yang indah.

Kegiatan selanjutnya adalah outbond atau olahraga. Pasalnya Sarae Nduha memiliki bukit yang sangat luas dimana wisatawan bisa melakukan jogging, yoga, dan masih banyak lagi! Apalagi ada tebing untuk jalan-jalan dan fotografi. Butuh beberapa upaya dan waktu untuk mencapai puncak tebing. Di tempat yang sama, wisatawan dapat menikmati jalan-jalan! Laut yang damai di cakrawala menenangkan pikiran mereka dan angin laut yang semilir menenangkan jiwa mereka, tanpa diragukan lagi.

Sarae Nduha memang belum memiliki fasilitas yang canggih. Namun, nuansa yang masih asli dan lingkungan yang bersih tidak mengecewakan siapa pun. Mengetahui sifat yang sangat baik ini, orang luar sering mampir dan menghabiskan akhir pekan mereka di daerah itu. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju lokasi, wisatawan dapat melihat sabana yang indah dan Gunung Tambora yang megah di cakrawala. Sungguh perjalanan yang luar biasa.

Atraksi Terdekat

Taman Nasional Tambora

Wisata Pantai Hodo

Bagaimana menuju ke sana

Dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta di Kota Jakarta, penerbangan ke Kota Sumbawa Besar (Bandara Internasional Sultan Kaharuddin) dapat memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Begitu sampai di Sumbawa Besar, tujuan wisatawan selanjutnya adalah Desa Doropeti di Kecamatan Pekat tempat pantai itu berada. Jaraknya 226 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu kurang lebih 226 km. Untuk rute terbaik disarankan melalui Jalan Diponegoro atau Lintas Sumbawa – Jalan Bima.

Dimana untuk tinggal

Atiqah Homestay

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments