Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Keindahan Pulau Satonda di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Keindahan Pulau Satonda di Kabupaten Sumbawa


Keindahan Pulau Satonda di Kabupaten Sumbawa memiliki beberapa pulau yang direkomendasikan untuk dijelajahi termasuk yang disebut Satonda. Ada juga yang menyebutnya Satonde, yang termasuk Desa Nangamiro di Kecamatan Pekat. Juga, berada di perbatasan antara Sumbawa dan Kabupaten Dompu. Pulau ini tidak hanya menawarkan panorama yang megah, tetapi juga memiliki sejarah menarik yang bisa dipelajari wisatawan selama berkunjung. Konon pulau ini terbentuk akibat ledakan gunung api bawah laut saat itu. Adapun namanya diambil dari keberadaan Gunung Satonda di kawasan itu. Tak heran, kebanyakan orang datang ke pulau itu untuk jalan-jalan dan fotografi.

Nuansa

Satonda merupakan salah satu pulau terbaik di Kabupaten Sumbawa. Berkat nuansa damai dan pemandangan yang indah. Tempat terbaik mungkin adalah di pantai, menampilkan garis pantai berpasir putih dan beberapa jenis pohon. Air lautnya jernih dan tenang, cocok untuk berenang dan snorkeling. Pulau ini juga terkenal dengan terumbu karangnya yang terkenal seperti Nephtea dan Labophyton sebenarnya. Jangan abaikan fakta bahwa pulau ini menampilkan Danau Satonda dan Gunung Satonda yang indah!

Menjelajahi Pulau Satonda

Daya pikat yang paling menarik di Pulau Satonda tidak lain adalah keindahan bibir pantainya. Ini menjelaskan mengapa sebagian besar wisatawan menghabiskan waktunya di pantai dan menikmati beberapa aktivitas wisata seperti berenang, berjalan di pantai, dan bahkan snorkeling. Orang-orang ini juga mengunjungi dermaga terdekat dan melakukan fotografi di tempat itu. Apakah itu semuanya? Selain garis pantai, pulau ini menawarkan atraksi lain yang pasti. Ini termasuk Danau Satonda yang terkenal!

Lokasi danau ini berada di dekat bibir pantai yang berjarak 3 km. Uniknya, danau ini memiliki air asin, bukan air tawar! Menurut penduduk setempat, rasa asin itu berasal dari tsunami besar yang terjadi saat itu. Untuk menghilangkan penat selama eksplorasi, wisatawan bisa memanfaatkan cottage yang tersedia! Turis bahkan bisa menemukan toilet di sana! Dengan demikian, Pulau Satonda dikatakan lebih baik dari yang lain karena fasilitasnya. Namun bagi yang ingin menikmati snorkeling, harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu.

Daya pikat lain di Pulau Satonda adalah mitos lokal terkait batu gantung yang terkenal itu. Para leluhur menggantungkan batu-batu itu di dahan-dahan pohon yang berada di dekat danau. Namun, tidak ada yang tahu tujuannya. Mengetahui fenomena unik tersebut, wisatawan pun ikut-ikutan. Entah bagaimana, mereka percaya itu sebagai pemberi keajaiban. Beberapa orang bahkan berdoa setelah menggantung batu di dahan!

Atraksi Terdekat

Pulau Mojo

Pulau Medang

Cara Menuju Ke Sana

Dari Kota Jakarta, wisatawan harus menuju ke Kabupaten Sumbawa terlebih dahulu. Mereka bisa naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan langsung menuju ke Bandara Sultan Muhammad Kaharudding III. Penerbangan ini memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Selanjutnya setelah sampai di Kota Sumbawa Besar tujuan selanjutnya adalah Desa Nagamiro dimana mereka bisa mendapatkan jasa perahu. Terakhir, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai Pulau Satonda dengan perahu.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments