Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wisata Alam Semongkat di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Wisata Alam Semongkat di Kabupaten Sumbawa

Wisata Alam Semongkat di Kabupaten Sumbawa tidak pernah kehabisan tempat liburan bagi wisatawan. Pasalnya, kawasan tersebut terdiri dari berbagai jenis tempat wisata, termasuk yang disebut Semongkat. Terletak di Desa Batu Dulang dan masuk dalam wilayah Kecamatan Batulanteh. Situs ini menjadi populer karena udaranya yang menyegarkan dan panorama yang indah. Artinya cocok untuk mereka yang ingin menghabiskan liburan di alam. Sebagian besar orang luar pun memilihnya sebagai destinasi terbaik untuk menghabiskan musim panas atau musim panas. Orang-orang ini ingin bersantai dan menghilangkan rasa tidak nyaman akibat panasnya matahari sebenarnya.

Nuansa

Dalam hal nuansa, Semongkat menggabungkan fasilitas yang bagus dan suasana alam. Pasalnya, wisatawan bisa menemukan kolam renang yang nyaman di kawasan tersebut. Belum lagi suasana pedesaan yang begitu menyegarkan. Untuk panorama, wisatawan dapat melihat perbukitan, pegunungan, pepohonan rimbun, dll. Pengunjung dapat menghabiskan waktu di kolam renang atau menjelajahi alam dengan trekking nanti. Satu hal, dibutuhkan sejumlah uang untuk memasuki area tersebut. Uang itu sebenarnya digunakan untuk membayar tiket parkir.

Menjelajahi Semongkat

Daya pikat pertama di Tempat Wisata Semongkat adalah kolam renangnya. Satu hal yang membuatnya berbeda adalah lokasinya yang berada di dataran tinggi. Tak heran, airnya terasa lebih segar dan sejuk dibanding kolam biasa. Itu menenangkan tubuh dan pikiran! Belum lagi kesejukannya membantu wisatawan untuk bersantai dan menghilangkan penat. Sebagai informasi, kolam tersebut tidak mendapatkan air dari pipa. Sebaliknya, itu berasal dari sungai setempat. Bahkan, pengelola mengarahkan air melalui kanal.

Selain kolamnya yang nyaman, Tempat Wisata Semongkat juga terkenal dengan tempat relaksasinya. Wisatawan dapat menemukan beberapa "Beruga" atau bungalo tradisional yang terletak di dekat kolam renang. Itu berarti pengunjung dapat bersantai dan duduk di fasilitas ini dengan bebas. Beruga memberikan lebih dari sekedar kenyamanan, karena wisatawan juga dapat melihat panorama alam yang menakjubkan di cakrawala. Selain itu, angin semilir menenangkan mereka sepenuhnya! Inilah masalahnya. Pengunjung harus membayar tiket agar bisa sampai ke lokasi wisata. Lagipula, uang itu digunakan untuk merawat lingkungan dan fasilitas.

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di Tempat Wisata Semongkat adalah eksplorasi. Berkat keberadaan hutan lindung. Begitu sampai di hutan, wisatawan bahkan bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna terutama Kumis Kucing! Trekking hutan juga menjadi aktivitas wisata populer di Semongkat. Untuk menghindari ketidaknyamanan dan tersesat, wisatawan harus menyewa pemandu lokal yang mengetahui rute dengan baik. Oleh karena itu, trekking akan lebih efisien.

Atraksi Terdekat

Desa Batu Dulang

Taman Air Splash

Liang Bukal

Air Terjun Telkan

Bagaimana Menuju Ke Sana

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke Kabupaten Sumbawa. Jika wisatawan datang dari Kota Jakarta, bisa naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan menuju ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kabupaten Sumbawa. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan selanjutnya adalah Desa Batu Dulang di Kecamatan Batulanteh yang menjadi lokasi Wisata Semongkat. Jaraknya 19,1 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 30 menit melalui Jalan Semongkat. Nantinya, wisatawan perlu melakukan trekking singkat juga!

Dimana untuk tinggal

Dewi Hotel

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments