Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Festival Moyo di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

Festival Moyo di Kabupaten Sumbawa

Kabupaten Sumbawa tidak pernah kehabisan tempat liburan untuk dijelajahi wisatawan tanpa mengenal waktu, termasuk hari biasa dan hari libur. Namun, wilayah ini menawarkan lebih dari sekadar tempat-tempat indah itu. Pasalnya, wisatawan juga bisa menikmati atraksi dan festival budaya! Salah satunya disebut Festival Moyo. Festival seni dan budaya ini dilakukan setiap tahun, sehingga wisatawan dapat menonton atau bergabung tanpa kerepotan. Mereka tinggal mencari tahu jadwalnya sebelum mengunjungi Sumbawa nanti. Seperti namanya, itu berasal dari Pulau Moyo di Indonesia. Terlepas dari namanya, festival itu tidak terjadi di pulau itu. Secara keseluruhan, festival ini dikenal di kalangan penduduk lokal dan asing!

Nuansa

Popularitasnya luar biasa dan nuansanya meriah! Banyak orang bergabung dalam acara tersebut, termasuk para peserta, turis, dan penonton lokal. Sebagai informasi, festival ini terdiri dari beberapa prosesi dan bahkan menampilkan pawai di jalan. Para peserta mengenakan pakaian warna-warni dan ornamen yang indah. Beberapa dari mereka bahkan menunggang kuda! Adapun pawai terdiri dari beberapa kelompok dan masing-masing mewakili budaya atau kesenian tertentu. Orang depan juga membawa papan nama.

Menjelajah Festival Moyo

Wisatawan harus tahu bahwa Festival Moyo terdiri dari rangkaian kegiatan. Jadi, mungkin perlu waktu untuk menyaksikan semua prosesi. Jangan khawatir. Turis diizinkan meninggalkan festival kapan saja. Jadi, apa bagian yang paling menarik darinya? Ada yang ingin menikmati Tari Sagembang Baguba, ada juga yang ingin menyaksikan beberapa prosesi seperti pawai budaya, pameran usaha kecil, kompetisi drum band, main jaran, dan masih banyak lagi. Inilah sebabnya mengapa wisatawan hanya diperbolehkan mengikuti festival selama rangkaian kegiatan favorit mereka.

Selama festival, sebuah pameran unik terjadi yang disebut Stand Adventurous. Oleh karena itu, turis tidak boleh melewatkannya. Kegiatan populer berikutnya disebut “Pentas Teater” atau panggung teater. Banyak anak-anak lokal yang memainkannya dengan lucu dan gembira, namun nuansanya terasa khidmat! Pantas saja, penonton tidak akan meninggalkan pertunjukan hingga selesai. Foto-foto sambil menikmati Festival Moyo juga diperbolehkan! Jadi, jangan lupa untuk membawanya.

Apa yang lebih? Ada juga Sakeco yang merupakan seminar pembuka. Selama prosesi, beberapa penari tampil dengan indah dan mereka bahkan menyanyikan lagu cerita rakyat setelah menari. Mereka menggunakan Bahasa Sumbawa selama prosesi, tanpa ragu. Nah, dengan segala aktivitas tersebut, kemungkinan besar wisatawan tidak akan meninggalkan festival sebelum berakhir, bukan?

Atraksi Terdekat

Istana Dalam Loka

Taman Air Splash

Wisata alam Semongkat

Bendungan Batu Bulan

Cara Menuju Ke Sana

Untuk menyaksikan Festival Moyo secara langsung, wisatawan harus mencapai Kabupaten Sumbawa terlebih dahulu. Jika mereka datang dari Kota Jakarta dengan pesawat terbang, dalam hal ini mereka membutuhkan waktu sekitar 4 jam 5 menit untuk mencapai Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kota Sumbawa Besar. Begitu sampai di tempat tujuan, mereka cukup mencari pemandu lokal yang bisa menunjukkan tanggal dan lokasi festival berlangsung. Untuk tipsnya, disarankan untuk mengetahui jadwalnya terlebih dahulu sebelum menuju ke Sumbawa.

Dimana untuk tinggal

Dewi Hotel

Hotel Samawa Rea

Hotel Balong

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments