Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pulau Paserang di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

Pulau Paserang di Kabupaten Sumbawa

Berikut rekomendasi pulau berikutnya untuk dijelajahi saat berkunjung ke Kabupaten Sumbawa. Namanya Pulau Paserang atau Gili Balu. Lokasinya berada di Selat Alas dan berada dekat dengan pulau terkenal lainnya seperti Kambing, Kenawa, Belang, Kalong, dan masih banyak lagi! Satu hal yang membuatnya populer adalah potensi konservasi airnya. Tak heran, pemerintah daerah bekerja keras di dalamnya dari waktu ke waktu. Dulu, orang juga menyebutnya Pulau Pasar. Jumlah pengunjung semakin meningkat akhir-akhir ini, karena wisatawan ingin mengambil foto panorama coklat yang unik di sana. Nuansa romantis pun mereka manfaatkan untuk liburan yang menenangkan!

Nuansa

Paserang adalah pulau tak berpenghuni. Ini menjelaskan mengapa nuansanya terasa cukup tenteram dan nyaman. Meski tidak ada penduduk desa, pulau ini hadir dengan beberapa fasilitas terutama pondok kayu di bibir pantai. Artinya, wisatawan bisa bersantai dan menyaksikan pemandangan laut dengan nyaman di bibir pantai. Fitur terbaik di Pulau Paserang pastinya adalah savana yang kering dan kecoklatan. Bahkan terlihat lebih eksotis di sore hari saat matahari terbenam. Pulau ini bahkan memiliki bukit kecil di mana pengunjung dapat menikmati tamasya dan fotografi sepuasnya. Bagaimana dengan laut? Sayangnya, ombaknya terlalu kuat untuk berenang.

Menjelajahi Pulau Paserang

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, wisatawan sebaiknya datang bersama teman atau keluarga. Kabar baiknya, pulau ini juga dilengkapi dengan beberapa cottage yang nyaman untuk menghabiskan malam yang indah di bibir pantai. Satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan terkait dengan air. Sebagai informasi, wisatawan harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan air tawar di Pulau Paserang. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa air kemasan untuk minum.

Selain menikmati masa inap yang nyaman di Pulau Paserang, wisatawan harus memanfaatkan pemandangan yang indah untuk fotografi dan jalan-jalan. Waktu terbaik pertama untuk menjelajahi pulau ini adalah di pagi hari saat matahari terbit. Waktu terbaik lainnya untuk berburu foto keren tak lain adalah di sore hari saat matahari terbenam yang romantis muncul. Bahkan membuat pulau ini terlihat eksotis dengan warna jingganya.

Hal berikutnya yang direkomendasikan untuk dilakukan di Pulau Paserang adalah menikmati snorkeling. Kejernihan air lautnya membuat nyaman untuk menikmati snorkeling dan eksplorasi laut. Turis sebenarnya tidak perlu pergi terlalu jauh untuk menyaksikan karang yang megah. Pasalnya, pantai tersebut tergolong dangkal, terutama yang berada di dekat bibir pantai.

Atraksi Terdekat

Pulau Kambing

Pulau Belang

Hotel Sagena

Bagaimana Menuju Kesana

Butuh waktu dan upaya untuk sampai ke Pulau Paserang, tidak diragukan lagi. Bagi yang datang dari Kota Jakarta, sebaiknya mendapatkan layanan pesawat yang tepat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan menuju ke Bandara Sultan Muhammad Kaharudding III di Kabupaten Sumbawa. Penerbangan mungkin memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengunjungi pelabuhan setempat dan langsung menuju ke Pulau Paserang. Durasi tergantung pada cuaca dan jenis perahu.

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments