Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sungai Marente di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

 


Saat berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, wisatawan cenderung mampir ke Kabupaten Sumbawa. Pasalnya, mereka ingin mengunjungi beberapa wisata alam yang menarik dan mempelajari budaya setempat. Bagi yang melihat lebih banyak pilihan, dalam hal ini bisa memilih Marente River. Seperti namanya, sungai indah ini berada di Desa Marenteh dan masuk dalam wilayah Kecamatan Alas. Belum lagi letaknya yang dekat dengan air terjun terkenal bernama Agal. Baik sungai maupun air terjun bahkan menjadi kombinasi yang bagus dan paket daya tarik bagi wisatawan.

Nuansa

Dari segi nuansa, Sungai Marente dinilai tenang dan nyaman. Berkat lokasinya. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Sebra yang dikelilingi pepohonan besar dan semak belukar yang rimbun. Belum lagi panorama yang terlihat indah di kawasan itu. Apa yang lebih? Sepanjang jalan menuju sungai, wisatawan dapat melihat pertanian lokal yang indah dan beberapa desa juga. Ciri penting berikutnya adalah adanya bebatuan besar dan bebatuan yang mengelilingi sungai. Nah, memang wisatawan bisa menjelajah dan berjalan di atas batu-batu itu dengan bebas. Mereka hanya perlu berjalan dengan hati-hati karena permukaannya yang licin.

Menjelajahi Sungai Marente

Manfaat pertama mengunjungi Sungai Marente adalah pemandangan alamnya. Bahkan di sepanjang jalan menuju lokasi, wisatawan dapat melihat berbagai jenis panorama termasuk desa pedesaan dan pertanian setempat. Mereka terlihat rapi dan cantik. Artinya, wisatawan bisa berhenti sejenak untuk melakukan fotografi sebelum mencapai sungai. Apakah itu semuanya? Nah, pemandangan terbaik datang saat wisatawan sampai di lokasi. Bagaimanapun, sungai terlihat tenang dan menakjubkan karena pemandangannya yang menakjubkan.

Selain pemandangannya, Sungai Marente populer karena arus airnya yang lucu. Karena itu, orang sering memanfaatkannya untuk river tubing! Bahkan para pemula pun dapat menikmati aktivitas tersebut karena adanya instruktur profesional yang bekerja di situs tersebut. Yang mereka butuhkan adalah sejumlah uang untuk membayar layanan dan menyewa peralatan keselamatan. Memang, river tubing menjadi aktivitas paling populer di Sungai Marente. Namun, itu harus dilakukan dalam kelompok baik dengan keluarga atau teman.

Hal lain yang direkomendasikan untuk dilakukan di Sungai Marente adalah trekking. Mengapa demikian? Wisatawan dapat menikmati trekking dan menuju ke Air Terjun Agal yang terkenal, yang memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Selama trekking, mereka juga dapat melewati berbagai lanskap termasuk perkebunan kopi dan hutan kecil!

Atraksi Terdekat

Air Terjun Agal

Olet Sangenges

Cara Menuju Kesana

Bagi yang datang dari Kota Jakarta, mereka membutuhkan waktu sekitar 4 jam 5 menit untuk mencapai Kabupaten Sumbawa. Jangan khawatir. Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III langsung, jadi nyaman. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, mereka cukup menempuh Jalan Lintas Sumbawa dan mengunjungi Desa Marenteh di mana Sungai Marenter berada. Jaraknya 74,3 km, sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 42 menit.

Dimana untuk tinggal

Grand Royal Taliwang Hotel

Kencana Hotel

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments