Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Legenda Tanjung Menangis di Kabupaten Sumbawa

 

Tanjung Menangis di Kabupaten Sumbawa

Legenda Tanjung Menangis di Kabupaten Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat menyimpan banyak legenda menarik dan tempat-tempat indah untuk dinikmati wisatawan selama berkunjung. Ini referensinya. Namanya Pantai Tanjung Menangis dan terletak di Kecamatan Moyo Utara. Tanjung ini berada di bagian timur Pulau Sumbawa dan telah memikat banyak wisatawan dari waktu ke waktu. Pengunjung cenderung menikmati penjelajahan alam dan mempelajari legenda yang terkait dengan situs tersebut. Beberapa wisatawan cenderung menikmati melakukan beberapa kegiatan pantai seperti berenang dan berjalan di pantai. Lanskap yang bagus, entah bagaimana, bagus untuk fotografi dan jalan-jalan.

Nuansa

Fitur yang paling terlihat di Pantai Tanjung Menangis adalah tebing yang tinggi dan terjal. Asyiknya, wisatawan bisa memanjat tebing dan menikmati pemandangan indah dari atas. Spot itu juga sering menjadi tempat untuk lompat tebing. Ciri penting berikutnya pastinya air laut tosca dan kualitasnya yang jernih. Ombaknya kecil, sehingga lautnya aman untuk berenang dan snorkeling. Apa yang lebih? Di cakrawala, wisatawan juga akan melihat matahari terbenam yang indah (asalkan datang pada waktu yang tepat).

Menjelajahi Tanjung Menangis

Dari segi namanya, “Tanjung” berarti tanjung sedangkan “Menangis” berarti menangis. Memang benar situs tersebut memiliki legenda lokal yang menarik terkait dengannya. Penduduk setempat mengatakan bahwa ada seorang putri yang sekarat karena penyakit yang tidak biasa. Untunglah sang ayah menemukan seorang lelaki tua yang cukup andal untuk menyembuhkan putrinya. Orang tua ini berhasil, entah bagaimana. Mengetahui keajaiban ini, raja akan mengabulkan permintaan apa pun darinya. Namun, dia langsung menolak karena lelaki tua itu meminta sang putri untuk menikah dengannya. Meninggalkan desa dengan perahu, dia berubah menjadi pria tampan. Sang putri langsung menangis dan mengejar pria itu. Sayangnya, dia tenggelam di laut saat mengejar pria itu.

Setelah mendapatkan informasi mengenai Tanjung Menangis, sebaiknya wisatawan memanfaatkan landscape untuk melakukan fotografi. Faktanya, Tanjung Menangis tidak menampilkan garis pantai. Sebaliknya, wisatawan perlu memanjat tebing dan menikmati tamasya atau fotografi di sana. Namun, mereka harus berhati-hati saat menjelajahi tebing. Itu karena lanskapnya kasar dan tidak rata. Apalagi menjadi licin saat musim hujan.

Hal lain yang bisa dilakukan wisatawan di lokasi ini adalah lompat tebing. Olahraga ekstrim ini semakin terkenal akhir-akhir ini. Seperti namanya, wisatawan bisa melompat dari tebing dan langsung masuk ke dalam air laut. Meski terlihat menakutkan, lompat tebing menyenangkan sekaligus menantang. Belum lagi aman, selama wisatawan mengikuti instruksi yang diberikan oleh ahlinya.

Wisata Terdekat

Pantai Kutub Sandro

Muara Pemancingan

Pantai Luair

Cara Menuju kesana

Cara tercepat menuju Kabupaten Sumbawa adalah dengan pesawat. Dari Kota Jakarta, wisatawan cukup naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno – Hatta menuju Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kota Sumbawa Besar. Penerbangan dapat memakan waktu sekitar 4 jam 5 menit atau lebih, tergantung cuaca. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, mereka harus mengambil Jalan Lingkar dan langsung menuju ke Pantai Tanjung Menangis. Jaraknya hanya 14,8 km, jadi perjalanan ini bisa memakan waktu sekitar 28 menit atau kurang.

Lokasi Penginapan

Pondok Tepi Pantai Samawa

Penginapan Pondok Daun

Hotel Cendrawasih

Related Posts

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments